Jawa Pos

Semprotkan Gas Air Mata, Gondol Rp 1,8 M

Perampokan Mobil Pembawa Uang ATM

-

DENPASAR – Belum tuntas kasus perampokan ATM Maybank di Kedonganan dan ATM CIMB Niaga di Balangan, Kuta Selatan, aksi serupa terjadi lagi di Bali. Kali ini, hal itu menimpa kendaraan pembawa uang milik PT Andalan, yaitu Daihatsu Gran Max warna silver nopol DK 9863 FW. Perampokan terjadi saat karyawan PT Andalan hendak mengisi ATM BCA di Jalan Bypass Ngurah Rai, Kuta Selatan, Rabu (25/4) sekitar pukul 22.30 Wita.

Dalam aksinya, pelaku menyemprot­kan gas air mata. Tiga karyawan PT Andalan, yakni Mikael Bagu Koro (sekuriti), 24; I Gede Mardika (sopir), 50; dan seorang staf bernama Komang Antony, 21; dibuat tak berdaya. Uang Rp 1,8 miliar pun amblas.

Dari keterangan sejumlah saksi, awalnya mobil berangkat dari kantor di Jalan Tukad Citarum 2BB, Denpasar, sekitar pukul 20.15 Wita. Mereka mengisi sejumlah ATM.

Begitu sampai di ATM BCA Jalan Bypass Ngurah Rai, Komang turun dari mobil dan pamit ke toilet. Saat kembali ke mobil, Komang melihat Mikael sudah membuka pintu belakang. Tibatiba, ada Avanza hitam melesat dan langsung parkir di belakang mobil pengangkut uang. Sejurus kemudian, dua orang turun dari Avanza dan menyemprot­kan cairan ke wajah Mikael.

Mikael yang saat itu akan mengambil lima tas berisi uang Rp 1,8 miliar langsung tak berdaya. Matanya kesakitan dan tak bisa melihat apa-apa. Kepalanya juga pusing. Setelah itu, dia kehilangan keseimbang­an dan ambruk. Komang yang melihat kejadian itu memilih kabur menyelamat­kan diri. Dua pelaku kemudian berjalan ke pintu depan sebelah kanan mobil pembawa uang.

I Gede Mardika mengaku terkejut ketika melihat ada orang tak dikenal dan memakai tutup muka tiba-tiba memukul kaca menggunaka­n palu. Begitu kaca pecah, pelaku langsung menyemprot­kan cairan ke wajahnya. Mardika pun ikut tumbang.

Kapolresta Denpasar Kombes Hadi Purnomo menyatakan, sampai saat ini pihaknya masih mendalami pelaku. ’’Modusnya sama seperti perampokan ATM di Balangan, yakni menyemprot­kan gas air mata. Diduga pelaku lebih dari dua orang. Intinya, tidak ada penembakan, melainkan gas air mata,” kata Hadi kemarin.(dre/pit/JPG/

 ?? ADRIAN/JAWA POS RADAR BALI ?? GARIS POLISI: Petugas memotret TKP di BCA Jalan Bypass Ngurah Rai, Kuta Selatan, kemarin.
ADRIAN/JAWA POS RADAR BALI GARIS POLISI: Petugas memotret TKP di BCA Jalan Bypass Ngurah Rai, Kuta Selatan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia