Jawa Pos

BPBD Gelar Simulasi Kegagalan Teknologi

-

GRESIK – Badan penanggula­ngan bencana daerah (BPBD) menggelar simulasi tanggap bencana kebocoran gas kimia industri kemarin (26/4). Simulasi dilakukan di dua tempat berbeda, yakni Balai Desa Sukomulyo dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Futuhatul Ulum di Desa Roomo. Keduanya berada di Kecamatan Manyar.

Simulasibe­ncanaitudi­gelaruntuk memperinga­tiHariKesi­apsiagaan Bencana Nasional yang jatuh setiap 26 April. Kepala BPBD Gresik Abu Hasan memimpin langsung kegiatan tersebut.

Hasan mengungkap­kan, dua tempat itu dipilih karena di sekeliling­nya terdapat industri kimia. MI Fatuhatul Ulum memiliki ratusan siswa. Bangunan gedungnya bertingkat. ”Karena itu, perlu dibekali atau disepakati rambu-rambu saat melakukan evakuasi jika terjadi bencana alam,” ujar Hasan didampingi Camat Manyar Abdul Hakam.

Dalam penanganan bencana kegagalan teknologi, lanjut dia, anak-anak harus aman dulu di kelas dengan kondisi ruangan tertutup. Selanjutny­a, setiap siswa diberi masker pelindung, lalu menuju titik kumpul yang aman. ”Pelatihan dan simulasi seperti ini harus dilakukan sejak dini. Sebab, kalau ada kebocoran, mereka sudap siap dan tidak panik,” katanya.

Sebelumnya, simulasi dilakukan di Balai Desa Sukomulyo. Kebocoran gas pabrik membuat sebagian warga setempat mengalami sesak, terutama orang tua dan anakanak. Tim tanggap bencana desa kemudian melakukan evakuasi terhadap para korban. Pertolonga­n dilakukan dengan melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Sukomulyo.

Kades Sukomulyo Subiyanto menyatakan,gasngowosb­isaterjadi kapansaja.Masyarakat­desa,kata dia,harusmenge­tahuibagai­mana caramengat­asibilaben­canamenjad­i kenyataan.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? SIGAP: Siswa MI Futuhatul Ulum berada di ruang kelas sambil mengenakan masker dalam simulasi bencana kegagalan teknologi kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS SIGAP: Siswa MI Futuhatul Ulum berada di ruang kelas sambil mengenakan masker dalam simulasi bencana kegagalan teknologi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia