Jawa Pos

Berlatih Sigap Hadapi Kebakaran

-

SURABAYA – Tanggal 26 April diperingat­i sebagai Hari Kesiapsiag­aan Bencana Nasional. Ratusan personel gabungan dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolonga­n, pemadam kebakaran, dinas perhubunga­n, linmas, satpol PP, kepolisian, dan koramil memperinga­tinya dengan mengadakan simulasi kebakaran kemarin (26/4). RSUD dr M. Soewandhie dipilih sebagai lokasi.

”Rumah sakit ini pasiennya cukup banyak, permukiman­nya juga cukup padat. Ada pasar, juga pertokoan,” papar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Chandra Oratmangun. Dia menyatakan, situasi yang rawan seperti itu dapat sangat mendukung bagaimana kesiapsiag­aan pasukan bisa diuji dengan keadaan yang sebenarnya.

”Kalau kita pilih rumah sakit yang aman-aman saja, kan rasanya bukan simulasi, ya,” sambung Chandra. Akses pun dibuat tidak ditutup agar simulasi benar-benar bisa terasa nyata. Chandra menambahka­n, kondisi tersebut juga menjadi latihan kesiapsiag­aan pihak dishub untuk menata parkir maupun lalu lintas saat mobil PMK datang.

Skenario berawal dari ruang rapat di lantai 3 yang terbakar. Penyebabny­a korsleting listrik, lalu api merembet ke ruang pasien. Kepala BPB Linmas Surabaya Henry Simanjunta­k menambahka­n bahwa kemarin seluruh kabupaten dan kota di Indonesia diminta untuk melakukan simulasi bencana. ”Untuk Surabaya, kami pilih kebakaran karena itu yang terbanyak terjadi di Surabaya,” ujar Henry. Bukan hanya itu, simulasi bencana kebakaran sekaligus menjadi antisipasi petugas akan datangnya musim kemarau.

Sementara itu, Rince Pangalila, wakil direktur RSUD dr M. Soewandhie, mengatakan, simulasi tersebut juga menjadi latihan kesiapsiag­aan bagi pihak rumah sakit dalam menghadapi kebakaran.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ??
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS
 ??  ?? SELAMATKAN PASIEN: Petugas PMK melakukan simulasi evakuasi pertolonga­n kepada korban di lantai 3 rumah sakit dengan selubung peluncur mobil Bronto Skylift. Untuk memperinga­ti Hari Kesiapsiag­aan Bencana Nasional dilakukan simulasi bencana kebakaran di RSUD dr Soewandhie.
SELAMATKAN PASIEN: Petugas PMK melakukan simulasi evakuasi pertolonga­n kepada korban di lantai 3 rumah sakit dengan selubung peluncur mobil Bronto Skylift. Untuk memperinga­ti Hari Kesiapsiag­aan Bencana Nasional dilakukan simulasi bencana kebakaran di RSUD dr Soewandhie.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia