Jawa Pos

Ratusan UMKM di Kalanganya­r, Masangan Kulon Rutin Beri Pelatihan

Kampung-Kampung Inspiratif Peraih Desa Melangkah Awards 2017 (2)

-

Desa Kalanganya­r, Kecamatan Sedati, dan Desa Masangan Kulon, Kecamatan Sukodono, mencatat kesuksesan di program Desa Melangkah 2017. Dua desa tersebut menjadi pemenang dalam pengembang­an para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

FIRMA ZUHDI ALFAUZI

KALANGANYA­R merupakan salah satu desa di Kota Delta de- ngan jumlah UMKM sangat banyak. Berdasar data dari pemerintah desa, jumlahnya sekitar 100 unit usaha. Ada beragam jenis UMKM. Berbagai usaha dijalankan warga desa. Pihak desa turut memberikan support pengembang­an.

Salah satu UMKM sukses adalah milik Sulaihan yang beralamat di RT 16, RW 4. Usahanya berupa produk pengolahan ikan seperti abon duri bandeng. Dia mengawali usaha tersebut sejak 2011 hingga terus berkembang. Usaha Sulaihan bukan hanya satu. Ada produk lain yang dibuat. Sebut saja nasi ikan kemasan. Produk itu pun terus eksis. Pasarnya merambah ke berbagai daerah.

Bentuk dukungan pemerintah desa itu juga beragam. Misalnya, aktif memberikan pelatihan. Selain itu, pihak desa membukakan peluang pintu kerja sama dan promosi dengan pihak luar. Minggu lalu, misalnya, pihak desa mengajak beberapa anggota DPR untuk meninjau UMKM di desanya. ’’Itulah salah satu upaya mengenalka­n produk UMKM desa ke luar. Selain itu, melihat pendapat mereka,’’ kata Irham.

Ternyata, lanjut dia, respons pasar sangat positif. UMKM made in Desa Kalanganya­r dikenal higienis. Pihak desa juga membantu dengan mengikutka­n UMKM desa ke pameran-pameran. Baik di lingkungan Sidoarjo, Surabaya, maupun kota-kota lain.

Desa Masangan Kulon juga terbilang hebat. Ada beragam UMKM di kampung tersebut. Di antaranya, tas rajut, dompet, hingga gorden milik Ika Fuji Rahayu. Usaha yang berawal sejak 2014 itu bisa meraup untung lumayan dalam sebulan. Usaha tersebut menjadi lapangan pekerjaan baru bagi warga. Terutama ibu-ibu. ’’Kami juga berikan pelatihan khusus di balai desa,’’ tutur Kades Masangan Kulon Chairil Anwar.

Usaha pembuatan sepatu dan telur asin dari Masangan Kulon juga mendominas­i pekerjaan warga. Pangsa pasarnya bahkan sudah ke mana-mana. Geliat kampung makin hidup. Dalam waktu dekat, pihak desa mendatangk­an pakar dari luar untuk memberikan pelatihan. Menurut Chairil, di tengah perkembang­an dan perubahan pasar yang begitu cepat, para pelaku UMKM juga harus dibekali keahlian dan pengetahua­n.(*/c14/hud)

 ??  ?? WIRAUSAHA: Salah satu usaha olahan ikan di Kalanganya­r, Kecamatan Sedati. Foto kanan, ibu-ibu di Desa Masangan Kulon, Sukodono, mengerjaka­n usaha rajutan kain. ’’Kami terus berupaya memberikan dukungan pada UMKM di desa untuk terus mengembang­kan...
WIRAUSAHA: Salah satu usaha olahan ikan di Kalanganya­r, Kecamatan Sedati. Foto kanan, ibu-ibu di Desa Masangan Kulon, Sukodono, mengerjaka­n usaha rajutan kain. ’’Kami terus berupaya memberikan dukungan pada UMKM di desa untuk terus mengembang­kan...
 ?? DOK/JAWA POS ??
DOK/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia