Jawa Pos

Back-to-Back di Depan Mata

Ricciardo Tampil Tercepat pada Hari Pertama

- BOBBY ARIFIN JUN QIAN

BAKU – Bintang Aston Martin-Red Bull Daniel Ricciardo melanjutka­n tren positifnya pada GP Azerbaijan. Setelah memenangi GP Tiongkok dua pekan lalu, bintang asal Australia tersebut langsung tampil cepat pada latihan bebas hari pertama di sirkuit jalanan Baku kemarin.

Ricciardo kali pertama kali memuncaki daftar pembalap tercepat saat sesi latihan bebas kedua (FP2) baru memasuki 15 menit pertama. Dengan ban supersoft, RB14 tunggangan­nya melaju kencang. Dia lalu menajamkan catatan waktunya menjadi 1 menit 43,512 detik sebelum memulai simulasi kualifikas­i.

Saat pembalap lain berupaya menghindar­i overheat pada ban ultrasoft

mereka, catatan waktu Ricciardo belum terkalahka­n. Pengoleksi enam kemenangan grand prix tersebut kembali memperbaik­i catatan waktunya. Dari 1 menit 43,017 detik menjadi 1 menit 42,795 detik dengan menggunaka­n ban ultrasoft.

Catatan waktu tersebut cukup untuk mengantarn­ya menjadi pembalap tercepat pada latihan bebas hari pertama. Meski demikian, pembalap Ferrari Kimi Raikkonen sukses mendekati catatan waktu Ricciardo, hanya terpaut tipis 0,069 detik. Hasil tersebut sekaligus mengonfirm­asikan keyakinan Raikkonen bahwa Ferrari bakal bersaing di barisan depan di Baku.

Rekan satu tim Ricciardo, Max Verstappen yang mengalami kecelakaan di tikungan 5 pada FP1, finis di posisi ketiga dengan selisih 0,116 detik. Sesi sore juga tak berjalan mulus bagi pembalap Belanda tersebut. Roda depannya sempat terkunci ketika melintasi tikungan 3 pada lap pertamanya di simulasi kualifikas­i.

Pembalap tercepat pada FP1 Valtteri Bottas (Mercedes) finis di luar tiga besar pada sesi sore. Dengan berada di urutan keempat, pembalap Finlandia tersebut terpaut cukup jauh, yakni 0,775 detik di belakang Ricciardo. Posisinya tepat di depan rekan satu timnya, Lewis Hamilton, yang masih kesulitan menemukan performa terbaik pada ban paling lunak ultrasoft.

Itu menjadi sinyal bahaya bagi Mercedes menjelang sesi kualifikas­i nanti malam. Jarak mereka masih terlalu

TANGGUH: Bintang Red Bull Daniel Ricciardo menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas perdana GP Azerbaijan yang berlangsun­g di Sirkuit Jalanan Baku kemarin.

jauh di belakang Red Bull dan Ferrari. Apalagi, akhir pekan ini temperatur udara memang jauh lebih dingin ketimbang tahun lalu. Kondisi tersebut semakin menyulitka­n Mercedes untuk mendapatka­n suhu ideal pada ban.

Jika melihat hasil latihan bebas hari pertama, ini akan menjadi peluang Ricciardo untuk merebut kemenangan back-to-back tahun ini. Tahun lalu pembalap 28 tahun tersebut menang di Baku meski start dari posisi ke-10. Walaupun, jika mengingat lagi balapan tahun lalu, kemenangan itu sedikit terbantu kekacauan akibat safety car dan red flag.

”Baku itu unik. Meski sirkuit jalanan, ada beberapa titik yang membuat pembalap bisa dengan mudah melakukan overtaking. Berbeda dengan Monaco, Baku adalah sirkuit high-speed. Saya suka,” ucapnya. Laporan dari Baku, Azerbaijan

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ??
JUN QIAN/JAWA POS
 ?? BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? STYLIST: Juara bertahan Lewis Hamilton tampil dengan potongan anyar.
BOBBY ARIFIN/JAWA POS STYLIST: Juara bertahan Lewis Hamilton tampil dengan potongan anyar.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia