Jawa Pos

Honda Berburu Pengganti Pedrosa

-

JEREZ – Honda sedang serius mencari calon rekan setim Marc Marquez untuk musim depan. Kontrak Daniel Pedrosa berakhir tahun ini. Jadi, tim juara bertahan MotoGP tersebut sedang memantau sejumlah kandidat untuk menggantik­an Pedrosa.

Bos Repsol Honda Alberto Puig menyatakan masih butuh beberapa balapan ke depan untuk menentukan pilihan.

Puig memastikan, hingga saat ini, Repsol Honda belum bernegosia­si dengan siapa pun. Langkah tersebut penting untuk menganalis­is perkembang­an setiap pembalap buruan. ’’Komitmen kami ialah memberikan opsi terbaik kepada tim. Dan, Dani (Pedrosa) adalah opsi yang bagus. Itulah mengapa dia bersama kami begitu lama,’’ terangnya. Pedrosa bergabung dengan Repsol Honda sejak naik kelas ke MotoGP pada 2006. Namun, selama itu dia belum pernah sekali pun meraih gelar juara dunia. Meski begitu, rider 32 tahun tersebut termasuk konsisten dengan selalu meraih kemenangan setiap musimnya, setidaknya satu kali.

Opsi Repsol Honda juga tidak banyak. Buruan utama mereka, bintang Tech3-Yamaha Johann Zarco, kabarnya, sudah memutuskan bergabung dengan KTM. Sementara itu, jagoan Ducati yang juga mantan pembalap Repsol Honda Andrea Dovizioso sangat mungkin segera memperpanj­ang kontraknya.

Ada pilihan lain yang begitu berharap bisa mendamping­i Marquez musim depan. Dia adalah Cal Crutchlow yang kini membalap untuk tim satelit LCR-Honda. Namun, sampai saat ini, pembalap Inggris itu belum mempertont­onkan potensi yang hebat ketimbang Pedrosa.

Puig sendiri menyatakan, dalam pengambila­n keputusan tersebut, timnya bakal meminta pertimbang­an kepada Marquez. Soal itu, media Spanyol Diario Gol mengutip pernyataan Valentino Rossi yang menyebut Marquez menolak Dovizioso menjadi rekan setimnya. ’’Saat Marquez melakukan negosiasi kontrak baru, dia meminta tiga syarat. Salah satunya, Dani Pedrosa harus menjadirek­ansetimnya­musimdepan,’ tulis media itu.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia