Jawa Pos

Proyek Dihentikan pada Kuartal III 2017

-

PROYEK yang diperbinca­ngkan Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basir adalah land based LNG receiving and regasifica­tion terminal yang berkapasit­as 500 mmscfd (kurang lebih 4 juta ton) yang berlokasi di Bojonegara, Serang, Banten

Tentu salah kalau rekaman itu diedarkan. Memang percakapan itu ada, antara saya dan Bu Rini, tapi tidak diunggah secara utuh dan dipotong-potong.” SOFYAN BASIR Dirut PLN

J

Waktu itu proyek akan dibangun untuk mengantisi­pasi ancaman defisit gas di Jawa bagian barat dan adanya kesiapan lahan yang dimiliki salah satu anak perusahaan Kalla Group sejak 1990-an.

Anak usaha Kalla Group tersebut bernama PT Bumi Sarana Migas (BSM). Rencana pembanguna­n proyek itu sejalan dengan target pemerintah agar perusahaan swasta mau berpartisi­pasi dalam pembanguna­n infrastruk­tur. Dalam keterangan resminya yang disampaika­n manajemen BSM pada November 2016, kepada PT Pertamina ditawarkan kerja sama proyek terminal regasifika­si LNG tersebut.

Proyek itu akan dibangun dengan tingkat keandalan tinggi serta kompetitif jika dibandingk­an dengan terminal yang ada di Indonesia dan di regional. Operasi terminal LNG milik BSM akan ditangani PT Nusantara Gas Services yang waktu itu Ari Soemarno duduk di salah satu kursi komisaris.

Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman mengaku heran percakapan soal proyek tersebut bisa sampai bocor dan diedit sedemikian rupa. Dia menguraika­n bahwa proyek itu memang terkait dengan pembanguna­n terminal LNG yang rencananya dibangun Kalla Group bekerja sama dengan Mitsui dan Tokyo Gas.

”Ini kok bisa ada sadapan yang sudah diedit dan keluar, lalu dipelintir. Kebetulan saya tahu persis soal share (saham) proyek itu. PLN sebagai offtaker gas minta saham 15 persen. Bukan hanya beli, tetapi ingin juga punya saham. Tapi, BSM dan partnernya (Tokyo Gas serta Mitsui) hanya bisa menawarkan 7,5 persen,” jelasnya kemarin.

Yusri melanjutka­n, proyek receiving terminal LNG di Banten telah dihentikan pada kuartal ketiga 2017. ”Sejak April 2016, CERI yang pertama memprotes rencana kerja sama itu agar Pertamina dan PLN tidak dirugikan,” imbuhnya.

 ?? DAMIANUS BRAM/JAWA POS RADAR SOLO ??
DAMIANUS BRAM/JAWA POS RADAR SOLO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia