Jawa Pos

Jaring Atlet Sepatu Roda di Mal

Cuaca Tidak Menentu, Helat Slalom Indoor

-

SURABAYA – Ada yang berbeda pada wajah lantai 2 Lenmarc Mall kemarin siang (28/4). Tempat yang semula ramai digunakan warga untuk berbelanja dan menikmati kuliner itu diubah menjadi lintasan balap sepatu roda. Ratusan anak-anak lebur dalam lintasan panjang tersebut. Salah satunya, Allair Jesselyn. Dengan cekatan, dia memacu sepatu rodanya melewati rintangan kerucut plastik yang tertata memanjang. Napasnya terengah-engah. Dia berupaya menjadi yang tercepat. ”Saya senang lomba seperti ini,” ucapnya.

Jesselyn tidak sendiri. Ada ratusan anak-anak lainnya yang ikut dalam kompetisi Speed Slalom Challenge 2018 Surabaya tersebut. Yaitu, sebuah event tahunan yang dinaungi Persatuan Olahraga Sepatu Roda Indonesia (Perserosi). Acara itu sudah ber- jalan selama tiga tahun di sejumlah mal di Surabaya. Sebelumnya, sepatu roda indoor hanya dilakukan di gedung olahraga. Event tersebut sengaja dihelat dalam mal karena panitia berharap dapat menjaring lebih banyak bibit muda dan calon atlet profesiona­l.

Dalam lomba itu, para peserta berfokus untuk jadi yang tercepat melewati rintangan dalam lintasan. Mereka berpacu dengan waktu dan berusaha menyelesai­kan rintangan secepat yang mereka bisa.

Koordinato­r penyelengg­ara Speed Slalom Challenge 2018 Surabaya Rico menuturkan, kegiatan tersebut diikuti lebih dari 250 peserta. Mereka berasal dari berbagai kota besar di Indonesia. Misalnya, Bandung, Jakarta, dan Semarang. Ada tiga kriteria yang dilombakan. Yakni, kriteria anak-anak berumur 5–10 tahun, remaja 11–15 tahun, dan senior dengan peserta berumur lebih dari 15 tahun.

Slalom indoor sengaja diadakan di mal karena kondisi cuaca saat ini tak menentu. Selain itu, Rico berupaya memberikan pengalaman baru bagi para penyuka sepatu roda. ”Penggunaan sensor elektrik untuk mengukur kecepatan peserta juga akan lebih mudah bila lomba dihelat secara indoor,” jelasnya.

Rico berharap, selain menjadi wadah bagi para penyuka sepatu roda, acara itu dapat menarik lebih banyak remaja untuk terjun dalam dunia olahraga tersebut. Diharapkan pula banyak orang yang mendukung dunia olahraga sepatu roda.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? CARI ATLET: Peserta Speed Slalom Challenge 2018 Surabaya melewati rintangan saat perlombaan di lantai 2 Lenmarc Mall kemarin.
JOS RIZAL/JAWA POS CARI ATLET: Peserta Speed Slalom Challenge 2018 Surabaya melewati rintangan saat perlombaan di lantai 2 Lenmarc Mall kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia