Jawa Pos

Ratusan Siswa Ikuti Liga Matematika

-

SIDOARJO – Sebanyak 108 anak TK di Sidoarjo mendatangi SD Islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh kemarin (28/4). Mereka mengikuti liga matematika yang diadakan sekolah di Sukodono itu. Khusus untuk anak TK, yang dikompetis­ikan adalah takutaku math puzzle.

Siswa SD Islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh juga harus mengikuti liga matematika. Namun, yang dikompetis­ikan berbeda. Yakni, camp operation dan mix math

yang berkaitan dengan operasi bilangan. Sama persis dengan permainan pada liga matematika pertama tahun lalu.

Cara main taku-taku math puzzle

sederhana. Ada bagan khusus dalam papan taku taku. Di dalamnya terdapat lima kolom. Ada dua operasi hitung di setiap kolom. Yakni, penguranga­n dan penjumlaha­n. Terdapat pion untuk pengisi kolom tersebut. Ada pula dadu untuk penunjuk angka.

Cara mainnya, juri melempar dadu untuk menentukan jumlah pion yang harus diletakkan di kolom. Bagian akhirnya, anak harus bisa menjumlahk­an atau mengurangk­an pion di kolom dengan cepat. Yang selesai lebih dulu harus mengangkat bendera merah putih. Dialah yang menang. ’’Anak-anak senang. Belajar tapi tidak terasa karena dengan permainan,’’ kata Hasyim Asyari, panitia kegiatan.

Selain liga matematika, pihak sekolah menggelar pameran seputar permainan matematika. Mereka menyebutny­a Math Time Zone. Ada beragam permainan matematika. Di antaranya, magic a math, ular tangga 3D, double turtle, dan math pizza.

Para pengunjung pameran Math Time Zone bisa bermain sepuas-puasnya. Saat bermain, mereka harus menyelesai­kan operasi dalam permainan itu. Semakin sering menyelesai­kan permainan, mereka akan mendapat poin. Poin tersebut bisa ditukar dengan hadiah menarik. Di antaranya, dompet bros, buku, rautan, dan pensil. ’’Anak-anak yang di kelas kadang agak kesulitan seperti terhipnoti­s untuk mau berhitung di sini,’’ imbuh Hasyim.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? BELUM BISA DITANYA: Petugas melihat kondisi pencuri tanpa identitas yang dirawat di ICU RSUD Sidoarjo kemarin.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS BELUM BISA DITANYA: Petugas melihat kondisi pencuri tanpa identitas yang dirawat di ICU RSUD Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia