Jawa Pos

Tarik Generasi Milenial ke Pertanian

-

DI era modern saat ini, menarik minat anak muda di bidang pertanian bukan perkara yang gampang. Itu menjadi pekerjaan rumah selain persoalan bagaimana bisa meningkatk­an produktivi­tas dan melakukan efisiensi.

Nah, Sanny optimistis 8villages bisa menjawab persoalan-persoalan tersebut. ’’Di platform kami, bisa dilihat semakin banyak petani muda. Tentu, kami berharap mereka ini lebih banyak bergabung,’’ ujar Sanny sambil meng-scroll laman Lisa.

Sanny menunjukka­n beberapa petani yang berusia 27–35 tahun dari berbagai daerah yang aktif berdiskusi melalui Lisa. Mulai membicarak­an kendala lahan pertanian, gangguan hama, hingga konsultasi bibit. Selain itu, Lisa memiliki anggota dari mahasiswa pertanian.

Model platform ala media sosial yang dimiliki Lisa seperti membuktika­n bahwa sektor agrikultur bisa terbuka untuk siapa saja. ’’Model sharing-nya juga tidak melulu bercerita. Mereka semakin sering bertukar ide lewat posting-an foto,’’ ujar Sanny.

Kehadiran Lisa bisa dibilang menumbuhka­n harapan petani-petani muda yang tidak bersemanga­t karena merasa tidak punya teman. Bahkan, ada seorang pemuda yang pulang untuk kembali menjadi petani setelah menjadi TKI. ’’Karena dia merasa punya harapan. Apalagi, dengan adanya Rego Pantes, dia memiliki kejelasan untuk menjual hasil panennya,’’ ungkapnya.

Menurut Sanny, para petani muda tersebut sangat aktif berdiskusi pada platform Lisa. Selain dari universita­s, yang sangat membantu adalah petanipeta­ni muda dengan pengetahua­n bisnis yang baik dan sudah biasa melakukan ekspor.

Ke depan 8villages menetapkan target jangka panjang untuk mengintegr­asikan seluruh petani di Indonesia. Juga, menjaring semua kalangan di bidang pertanian, termasuk tenaga-tenaga muda. ’’Kami ingin petani bisa mendapat manfaat semaksimal mungkin dari pengembang­an teknologi,’’ paparnya.

Saat ini 8villages telah menjangkau petani di berbagai daerah. Dari barat sampai timur, termasuk Papua. ’’Di Papua, Lisa pernah dibawa salah satu NGO asal Australia yang melakukan sosialisas­i pertanian di sana,’’ papar Sanny.

 ?? RIZKY AGUNG/JAWA POS ??
RIZKY AGUNG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia