Jawa Pos

Reguk Revenue dari Gamers

-

SURABAYA – Untuk meningkatk­an pendapatan dari penggunaan data, Telkomsel tengah agresif membidik gamers. Game

yang menuntut ketersedia­an dan kestabilan koneksi internet tersebut akan menjadi sebuah peluang bisnis bagi penyedia layanan internet, termasuk Telkomsel.

Manager Digital Regional Expansion Telkomsel Jawa Timur Herbintart­o mengatakan, dari program digital entertainm­ent milik Telkomsel seperti video, musik, sampai games, layanan games sangat menjadi favorit anak muda. Kontribusi­nya 35–40 persen.

Adapun produk Telkomsel yang sedang dikembangk­an saat ini untuk bisa mendukung gamers bermain game online

adalah layanan Games Max. Layanan tersebut menyumbang 6–13 persen terhadap revenue digital Telkomsel. ”Kami membidik para gamers remaja yang mungkin punya uang saku tidak terlalu banyak bisa pakai layanan Games Max ini dengan harga terjangkau,” ujarnya di sela-sela Mobile Legends Final Battle East Java 2018 di Surabaya kemarin (29/4).

Selain itu, pihaknya menyasar pengembang­an segmentasi permainan online yang kini diminati banyak generasi muda. Menurut Manager Local Developers Telkomsel Rezaly Surya Afhany, pertumbuha­n permainan elektronik sangat luar biasa. Dari 2014 hingga 2018, growth-nya bisa mencapai 200 persen, baik dari jumlah pengguna maupun revenue. Dengan demikian, potensinya cukup besar untuk digarap.

”Jadi, memang benar para gamers mampu mendongkra­k revenue digital Telkomsel dibanding layanan video atau musik. Perolehan pendapatan itu didapat dari pembelian pulsa dalam bentuk kuota yang dibeli pengguna untuk menjalanka­n permainan online itu,” ungkapnya.

Selain itu, Telkomsel memiliki program Jajan Online guna memfasilit­asi pelanggann­ya membeli aplikasi ataupun games berbayar di Google Play Store. Rezaly menambahka­n, pengguna biasanya sulit membeli aplikasi karena tidak punya kartu kredit.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MILENIAL: Dari kiri, Manajer Youth and Community Telkomsel Jawa Timur Patrice Richard, Rezaly Surya Afhany, juara I Telkomsel Mobile Legends Competitio­n 2018 Blitar Renita, dan Herbintart­o dalam Mobile Legends Final Battle East Java 2018 di Surabaya...
FRIZAL/JAWA POS MILENIAL: Dari kiri, Manajer Youth and Community Telkomsel Jawa Timur Patrice Richard, Rezaly Surya Afhany, juara I Telkomsel Mobile Legends Competitio­n 2018 Blitar Renita, dan Herbintart­o dalam Mobile Legends Final Battle East Java 2018 di Surabaya...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia