Jawa Pos

Dua Putra Nik Aziz Belah Kelantan

-

KOTA BHARU – Sepeningga­l Nik Aziz Nik Mat pada 2015, Parti Islam Se-Malaysia (PAS) terbelah. Muncul sempalanny­a, Parti Amanah Negara (Amanah). Pada pemilu ke-14 Malaysia (GE14) mendatang, dua putra Nik Aziz maju dari dua partai berbeda tersebut.

Putra tertua Nik Aziz, Nik Omar, mencalonka­n diri sebagai kandidat Amanah di Chempaka. Padahal, selama ini PAS selalu memenangi kursi konstituen Negara Bagian Kelantan. ”Nik Omar mengejutka­n kami semua dengan maju sebagai kandidat Amanah,” terang seorang sumber PAS kepada The Star kemarin (29/4).

Sementara itu, Nik Abduh, putra keempat Nik Aziz, mencalonka­n diri sebagai kandidat PAS. Dua saudara kandung tersebut diprediksi bersaing ketat. Suara masyarakat Kelantan yang selama ini kompak mendukung PAS diprediksi pecah. Semasa hidup, mendiang Nik Aziz adalah penasihat spiritual PAS dan menjabat menteri besar Kelantan.

Saat ini PAS tidak tergabung dalam koalisi oposisi Pakatan Harapan. Sebaliknya, Amanah menjadi salah satu partai besar pendukung aliansi di bawah komando Mahathir Mohamad dan Wan Azizah Wan Ismail, istri Anwar Ibrahim, tersebut. PAS dan Amanah akan bersaing dengan Barisan Nasional alias BN (partai pemerintah) untuk memperebut­kan 14 kursi parlemen dan 45 kursi anggota dewan.

Sementara itu, Mahathir resmi maju sebagai kandidat legislator dari Langkawi. The Straits Times melaporkan, tokoh 92 tahun itu bakal bersaing dengan Nawawi Ahmad, incumbent dari BN, dan Zubir Ahmad dari PAS. ”Kami yakin menang,” katanya.

 ?? VINCENT THIAN/AP PHOTO ?? LANGSUNG KAMPANYE: Mantan PM Mahathir Mohamad (tengah) bersama kandidat-kandidat dari partai lain saat mendeklara­sikan pencalonan mereka di Langkawi, Malaysia, Sabtu (28/4).
VINCENT THIAN/AP PHOTO LANGSUNG KAMPANYE: Mantan PM Mahathir Mohamad (tengah) bersama kandidat-kandidat dari partai lain saat mendeklara­sikan pencalonan mereka di Langkawi, Malaysia, Sabtu (28/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia