Jawa Pos

Bukan Garansi Inti

-

MADRID – Entrenador Real Madrid Zinedine Zidane menyebut laga leg kedua semifinal Liga Champions Rabu (2/5) adalah ’’pertanding­an terpenting Real tahun ini’’. Untuk meminimalk­an risiko cedera, Zidane mengganti sepuluh pemain utamanya kemarin (29/4). Praktis, saat menjamu Leganes pada jornada ke-34 di Santiago Bernabeu, pemain kunci yang menjadi starter hanya Casemiro. Itu pun Casemiro diposisika­n bek tengah.

Meski hanya menurunkan tim B, Los Merengues tetap bisa memetik angka penuh dengan skor 2-1. Gareth Bale membuka keunggulan Real pada menit keenam lewat tendangan akrobatik kaki kirinya. The Welsh Wizard –julukan Bale– melenting ke udara untuk menyambar bola rebound hasil sepakan Karim Benzema. Gol lain Real pada laga kemarin dicetak Borja Mayoral (45+1’). Sementara itu, gol hiburan Leganes dicetak Darko Brasanac (66’).

Performa apik Bale menuai apresiasi. Apalagi, dalam laga kemarin, dia dipercaya sebagai kapten tim. ’’Bale menunjukka­n motivasi dan semangat yang tak pernah kendur setiap hari. Seperti yang ditunjukka­n hari ini (kemarin, Red),’’ ucap Zidane kepada Marca kemarin.

ESPN memberi Bale angka tertinggi di antara kawan-kawannya, yakni sembilan. ’’Pemain Real paling berbahaya. Bale tidak

hanya mencetak gol, namun juga menciptaka­n peluang sepanjang pertanding­an,’’ tulis ESPN.

Dengan performa Bale yang trengginas, apakah Zidane akan memberikan satu posisi kepada dia ketika melawan Bayern Muenchen Rabu lusa (2/5)? ’’Mungkin ada yang menyatakan bahwa sejumlah pemain adalah pemain kunci dibandingk­an pemain lain. Tapi, bagi saya, semua pemain memiliki posisi yang sama penting,’’ kata Zidane sebagaiman­a dikutip AS.

Pernyataan itu bisa menjadi sinyal bahwa Zidane tak berani memberi garansi inti buat Bale. Terutama saat menjamu Bayern pada leg kedua semifinal Liga Champions lusa. ’’Pemilihan pemain masuk starting XI atau sekadar pengganti adalah kebutuhan tim,’’ tandasnya.

Sementara itu, penyerang muda Real Borja Mayoral kepada Diario Gol mengatakan, mungkin musim depan adalah waktu yang pas untuk dirinya pergi dari Real. Mayoral mengeluhka­n minimnya kesempatan bermain.

Musim 2015–2016, Mayoral bermain enam kali untuk Real dengan minute play 283 menit. Semusim kemudian, 2016–2017, Mayoral dipinjamka­n ke Wolfsburg dan cuma bermain 426 menit. Musim ini Mayoral bermain 22 kali bersama Real di semua ajang dengan jam bermain 881 menit.

’’Saya masih muda, masih butuh banyak jam bermain. Tapi, setiap kali diberi kesempatan bermain, saya akan mengeluark­an 100 persen kemampuan terbaik saya,’’ tutur alumnus La Fabrica Real itu.

 ?? FRANCISCO SECO/AP PHOTO ?? MENJANJIKA­N: Gareth Bale (kanan) dihadang bek Leganes Dimitrios Siovas saat hendak melepaskan tembakan.
FRANCISCO SECO/AP PHOTO MENJANJIKA­N: Gareth Bale (kanan) dihadang bek Leganes Dimitrios Siovas saat hendak melepaskan tembakan.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia