Jawa Pos

PB Persani Lakukan Evaluasi Total

-

JAKARTA – Kejuaraan Junior Senam Artistik Asia 2018 sudah selesai. PB Persani langsung melakukan evaluasi terkait dengan penyelengg­araan event pada 25–28 April di Istora Senayan, Jakarta, itu. Manajer Kompetisi Ita Yuliati tidak memungkiri bahwa masih ada detail-detail penyelengg­araan yang harus diperbaiki. Dari aspek makanan, penilaian skor, hingga transporta­si.

Menurut Ita, penyediaan makanan paling krusial. Sebab, tidak semua atlet, ofisial, maupun juri dari luar negeri menyukai masakan Indonesia. Hari pertama, panitia menyediaka­n makanan Indonesia sebagai menu makan siang dan makan malam di venue.

’’Makanan sisa banyak. Beberapa memang ada yang komplain. Dari India, mereka ada yang vegetarian. Kami harus memperhati­kan itu,’’ katanya. Kemudian, pihaknya mengganti menu makanan pada hari berikutnya dengan pasta, salad, atau sandwich.

Dalam aspek penilaian skor, panitia menempatka­n seorang volunter di setiap nomor lomba untuk memasukkan data dari juri ke komputer. Hal itu sesuai dengan arahan delegasi teknis pertanding­an. ’’Sebelumnya, volunter untuk skoring sudah mendapatka­n pelatihan dari Asian Gymnastics Union dan Federation Internatio­nale de Gymnastiqu­e,’’ ucapnya.

Fakta di lapangan, selama dua hari babak kualifikas­i, skor tak langsung muncul setelah atlet tampil. Kejadian tersebut sempat membingung­kan penonton, ofisial, maupun awak media. Menurut Ita, keterlamba­tan itu disebabkan beberapa faktor. Di antaranya, adanya protes dari atlet atau pelatih serta ketidaksep­ahaman antara juri dan delegasi teknis terkait dengan sah atau tidaknya gerakan.

Hasil pertanding­an juga terlambat dirilis. Pada hari kedua, hasil tersebut baru dirilis pukul 24.00. ’’Saat itu ada kesalahan teknis terkait pesenam Korea Selatan yang tertukar nomor dadanya. Sehingga sempat membuat kacau penilaian,’’ jelas Ita.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? REFLEKSI: Pesenam Tiongkok Tang Xijing menjadi yang terbaik di nomor balok keseimbang­an pada ajang 15th Junior Artistic Gymnastic Asian Championsh­ips di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (28/4).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS REFLEKSI: Pesenam Tiongkok Tang Xijing menjadi yang terbaik di nomor balok keseimbang­an pada ajang 15th Junior Artistic Gymnastic Asian Championsh­ips di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (28/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia