Jawa Pos

Pejuang Pemberani dan Bersahaja Berpulang

-

SURABAYA – Tembakan salvo terdengar di TMP Mayjen Sungkono kemarin (29/4). Itu merupakan penghormat­an terakhir untuk Lettu (pur) Hartoyik sebelum dimasukkan ke liang lahad. Dia merupakan ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya.

Hartoyik meninggal dalam usia 88 tahun. Menurut Muhammad Khamim, anak kedua Hartoyik di antara sebelas bersaudara, ayahnya meninggal pukul 07.30 di RSAL dr Ramelan. Hartoyik meninggal karena gagal jantung.

Khamim menceritak­an, dua bulan lalu sang ayah menjalani operasi kanker amandel. Kemudian, almarhum menjalani kemoterapi setelah operasi.

Kondisi Hartoyik sempat membaik. Itu membuatnya kembali aktif berkegiata­n. Suatu saat, sang ayah terjatuh dan saraf bagian belakangny­a terjepit. Hartoyik kemudian menjalani tindakan di RSAL dr Ramelan, Surabaya. ’’Operasi berhasil, namun kondisi fisik terus menurun,’’ tuturnya.

Selain ketua LVRI Surabaya, Hartoyik dikenal sebagai bapak inspirasi parade juang. Kegiatan tersebut dilangsung­kan setiap memperinga­ti Hari Pahlawan

Di mata teman seperjuang­an, bapak sebelas anak itu dikenal sebagai pejuang yang memegang teguh agama meskipun dalam pertempura­n.

Anggota Veteran 45 Sukardi Soedarman menuturkan mengenal Hartoyik pada 1946 saat TNI mundur ke daerah Mantup, Lamongan. Dalam situasi yang tertekan tersebut, almarhum merupakan sosok yang pemberani di medan perang. ’’Saya tahu Pak Hartoyik sejak tertembakn­ya Jenderal Mallaby sampai peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Orange (saat ini Hotel Majapahit, Red).’’ ujarnya.

Dia menambahka­n, Hartoyik selalu berada di depan saat pertempura­n. Almarhum juga dikenal sebagai prajurit yang bersahaja dan gampang bergaul dengan para tentara.

Februari lalu, Hartoyik berpesan kepada Soedarman untuk menjaga kesehatan dan tidak menuntut pemerintah terkait jasa-jasanya. Menurut Hartoyik, yang penting adalah negara sudah merdeka. ’’Jasajasa kita sebagai amalan kepada negara,’’ katanya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SEMASA HIDUP: Lettu (pur) Hartoyik.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SEMASA HIDUP: Lettu (pur) Hartoyik.
 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? PENGHORMAT­AN TERAKHIR: Prosesi pemakaman Hartoyik di Taman Makam Pahlawan Mayjen Sungkono.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS PENGHORMAT­AN TERAKHIR: Prosesi pemakaman Hartoyik di Taman Makam Pahlawan Mayjen Sungkono.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia