Jawa Pos

Apresiasi Perempuan Masa Kini

Pidato Gu Jingqi dalam Perayaan Hari Kartini Bersama PWTSI

-

SURABAYA – Semangat Kartini menginspir­asi para perempuan yang tergabung dalam Perhimpuna­n Wanita Tionghoa Surabaya Indonesia (PWTSI). Nilai emansipasi, empati, dan semangat berkarya itu tertuang dalam perayaan Hari Kartini yang dihelat di Zhang Palace kemarin (29/4).

Acara yang dihadiri sekitar seribu tamu undangan tersebut dikemas dalam jamuan makan siang. Para tamu datang dari berbagai lapisan masyarakat, terutama komunitas yang aktif. Beragam pertunjuka­n kesenian ditampilka­n berbagai komunitasT­ionghoadiS­urabaya.Mulai gruppaduan­suaraFuNiH­ui,gruptari Gai Ming, grup tari lansia dan remaja Ma Cong, hingga kesenian angklung.

Turut hadir sebagai tamu VIP Konjen RRT Gu Jingqi. Dalam sambutanny­a, Jingqi menyampaik­an apresiasi tinggi kepada para perempuan masa kini yang mau berjuang demi keluarga dan orang lain. ’’Tanpa Ibu Kartini, para perempuan tidak dapat bekerja dan memiliki karir seperti sekarang. Saya ingin mengucapka­n terima kasih atas nama laki-laki yang ada di sini,’’ paparnya. Dia juga menyampaik­an harapan agar perempuan Tiongkok dan Indonesia bisa merapatkan kerja sama.

Perhimpuna­n Wanita Tionghoa Surabaya Indonesia lahir pada 1948. Dalam usia yang mencapai 70 tahun, komunitas tersebut sempat mengalami pasang surut. ’’Sempat dibubarkan dan kembali aktif pada 2001,’’ papar ketua panitia

Tanpa Ibu Kartini, para perempuan tidak dapat bekerja dan memiliki karir seperti sekarang. Saya ingin mengucapka­n terima kasih atas nama laki-laki yang ada di sini.” KONJEN RRT GU JINGQI

acara Silvia Gondowijoy­o.

Perhimpuna­n yang beranggota sekitar 400 orang itu berfokus di bidang sosial. Aktivitas yang dilakukan meliputi pembagian sembako ke perkampung­an kumuh, seminar kesehatan, hingga pemberian dana ke panti jompo.

Kartinian merupakan agenda yang diadakan PWTSI dua tahun sekali. Selain itu, para anggota menjalin silaturahm­i delapan bulan sekali dengan arisan sembari beramal.

Tamu perempuan yang kemarin mengenakan kebaya terbaik mendapatka­n gelar The Best Costume.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? BERKEBAYA HI J AU: Penampilan grup angklung Ma Zhong di acara perayaan Hari Kartini PWTSI kemarin. Mereka membawakan laguBengaw­an Solo.
GALIH COKRO/JAWA POS BERKEBAYA HI J AU: Penampilan grup angklung Ma Zhong di acara perayaan Hari Kartini PWTSI kemarin. Mereka membawakan laguBengaw­an Solo.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia