Jawa Pos

Merayakan Ultah Raja Belanda

-

SURABAYA – Suasana perayaan Koningsdag atau King’s Day berlangsun­g hangat Sabtu malam (28/4). Perayaan ultah ke-51 bagi Raja Belanda Willem-Alexander itu dikemas intim sehingga para tamu undangan lebih akrab dalam berinterak­si.

Pada acara yang digelar di Hotel Ciputra World tersebut, lagu Indonesia Raya diperdenga­rkan lebih dulu. Disusul lagu kebangsaan Belanda, Wilhelmus. Bendera Belanda dan pernik-pernik berwarna oranye terpasang di sejumlah sudut ruangan.

Beberapa tokoh penting turut hadir. Mereka, antara lain, minister plenipoten­tiary atau perwakilan Kedutaan Belanda Ferdinand Lahnstein dan sejumlah konsul kehormatan negara tetangga.

Dalam sambutanny­a, Lahnstein menyatakan betapa pentingnya hubungan Indonesia dan Belanda. Di akhir pidato, dia mengirimka­n doa dan harapan bagi Raja Belanda WillemAlex­ander yang berulang tahun pada 27 April.

Konsul Kehormatan Belanda di Surabaya Lily Jessica Tjokroseti­o menyebutka­n, perayaan Koningsdag tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Perayaan dikemas kasual dan tidak terlalu formal untuk memberikan kesan happy. ’’Mungkin yang berbeda hanya konsul kehormatan­nya. Sebab, saya sendiri baru dilantik Agustus lalu,’’ tuturnya lalu tersenyum.

Lily menambahka­n, ada sejumlah makanan hasil perkawinan dua negara yang disajikan malam itu. Misalnya, bitterball­en, kroket, dan rendang. ’’Orang Belanda suka sekali rendang,’’ paparnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? POTONG KUE: Perwakilan Kedutaan Belanda Ferdinand Lahnstein (kiri) dan Konsul Kehormatan Belanda di Surabaya Lily Jessica Tjok r o se tio.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS POTONG KUE: Perwakilan Kedutaan Belanda Ferdinand Lahnstein (kiri) dan Konsul Kehormatan Belanda di Surabaya Lily Jessica Tjok r o se tio.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia