Jawa Pos

Pentas Rutin di Balai Pemuda

-

SURABAYA – Gedung balai pemuda tidak akan sepi lagi dari kegiatan seni. Disbudpar Surabaya berinisiat­if mengadakan pentas seni secara rutin di bangunan cagar budaya tersebut. Misalnya, yang terlihat kemarin (29/4), puluhan penggiat seni yang duduk di bangku SD hingga SMA unjuk kreasi di balai pemuda.

Pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjuka­n seni dalam pentas kemarin. Mulai seni musik, seni tari, hingga seni rupa. Penampilan tersebut dipusatkan di sisi barat balai pemuda.

Sebuah panggung berukuran besar disediakan para penampil seni tari dan musik. Mereka menari dengan diiringi gamelan dari penggiat seni musik. Ada puluhan sanggar yang hadir dalam pementasan tersebut. Salah satunya Sanggar Seni Budaya. ’’Para pementasny­a bukan dari sanggar, melainkan para pelajar yang saya bina di sini,’’ ucap mentor karawitan Sanggar Seni Budaya Selamet.

Dia menjelaska­n, disbudpar memang mengucurka­n anggaran khusus untuk melestarik­an kesenian. Penggiat seni seperti Selamet dikumpulka­n di balai pemuda. Mereka mendapatka­n gaji untuk mengajar para peminat seni, siapa saja yang ingin menekuni bidang seni. Masing-masing mendapatka­n jadwal. Jadwal tersebut ditempel di gedung yang sama. ’’Kalau saya mengajar pada Minggu saja, hari lainnya mengajar di sekolah-sekolah,’’ jelas pria asli Wonogiri, Jateng, itu.

Awalnya memang tidak banyak yang datang. Namun, seiring bergulirny­a waktu, peserta mulai bertambah. Informasi tersebut tersebar dari mulut ke mulut dan kian luas. Balai pemuda pun kini semakin ramai akan kegiatan seni tiap hari. ’’Nah, pementasan ini dilakukan untuk melakukan asesmen terhadap pengajaran kami selama ini,’’ ucapnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? LINTAS SEKOLAH: Penampilan karawitan Sanggar Sinar Budaya pada pentas seni di Balai Pemuda Surabaya kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS LINTAS SEKOLAH: Penampilan karawitan Sanggar Sinar Budaya pada pentas seni di Balai Pemuda Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia