Jawa Pos

Semarak Lomba Palang Merah Remaja

-

SIDOARJO – Ajang tahunan Lomba Palang Merah Remaja (Lompamar) kembali digelar SMAN 1 Sidoarjo kemarin (29/4). Total peserta yang terlibat 671 siswa SMP dan SMA. Mereka berasal dari sekolah-sekolah di Jawa Timur. Kegiatan itu pun berlangsun­g semarak.

Beragam materi kepalangme­rahan dilombakan. Kategoriny­a traveling dan non-traveling. Namun, yang paling banyak pesertanya adalah kategori traveling. Lomba itu meliputi simulasi penanganan pertama (PP) dan cerdas cermat.

Menurut Ketua PMR SMAN 1 Sidoarjo Risa Umami, dari tahun ke tahun, peserta Lompamar terus bertambah. Tahun ini, selain dari Sidoarjo dan Surabaya, ada yang dari Nganjuk, Jombang, Ponorogo, Probolingg­o, hingga Jember. Selain itu, Pasuruan, Mojokerto, bahkan Banyuwangi.

Di kategori non-traveling, lomba simulasi PP juga cukup ramai. Tim-tim saling unjuk kekompakan. Tim SMAN Ngoro, Jombang, misalnya. Tim yang dikomandan­i Syifa’ Uliya S. itu tampak kompak melakukan gerakan dan aba-aba. ’’Sebelum lomba, kami latihan selama sebulan,’’ ujar Syifa.’

Ada tiga pemenang di masing-masing jenis lomba. Sekolah dengan nilai tertinggi ditetapkan sebagai juara umum. Setelah melalui penilaian, untuk tingkat SMP, juara umumnya SMPN 2 Jombang. Sementara itu, juara umum tingkat SMA diraih tim SMAN 16 Surabaya.

’’Kegiatan ini bertujuan untuk saling meningkatk­an pengetahua­n dan wawasan di bidang PMR. Selain itu, ajang silaturahm­i,’’ kata Risa.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MENGASAH SKILL: Kelompok PMR dari berbagai sekolah di Jawa Timur mengikuti Lompamar di SMAN 1 Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS MENGASAH SKILL: Kelompok PMR dari berbagai sekolah di Jawa Timur mengikuti Lompamar di SMAN 1 Sidoarjo kemarin.
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SIMULASI PENYELAMAT­AN: Tim dari SMKN 3 Buduran mempraktik­kan cara memberikan pertolonga­n pertama.
BOY SLAMET/JAWA POS SIMULASI PENYELAMAT­AN: Tim dari SMKN 3 Buduran mempraktik­kan cara memberikan pertolonga­n pertama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia