Jawa Pos

WHAT.A.RACE!

Dapat Durian Runtuh, Hamilton Naik ke Puncak

-

BAKU – Azerbaijan selalu menawarkan drama dan kejutan. Dari serangkaia­n drama yang terjadi, juara bertahan Formula 1 Lewis Hamilton-lah yang mendapatka­n ’’durian runtuh’’. Kemenangan yang sudah dalam genggaman Valtteri Bottas (Mercedes) lepas begitu saja tatkala ban belakang mobilnya pecah saat balapan tinggal menyisakan dua lap lagi!

Bahkan, Hamilton mengakui bahwa kemenangan­nya tadi malam terasa aneh. ’’Valtteri-lah yang pantas menang. Rasanya aneh saya berdiri di sini (podium pertama),’’ ucap pembalap Inggris tersebut. Itu menjadi kemenangan pertama Mercedes musim ini. Hasil tersebut sekaligus mengakhiri awal musim tanpa kemenangan terpanjang Mercedes sejak 2014.

Hamilton sama sekali tak memiliki pace balap yang mumpuni untuk memenangi GP Azerbaijan. Hingga bagian akhir lomba, juara dunia empatkalit­ersebutmem­balap di posisi ketiga di belakang Bottas dan bintang Ferrari Sebastian Vettel. Sampai pada lap 40, sebuah drama besar terjadi dan mengubah segalanya. Pembalap Red Bull Max Verstappen menabrak mobil rekan satu timnya, Daniel Ricciardo.

Kedua mobil hancur dan memaksa safety car masuk. Saat safety car masih berada di dalam lintasan, drama berikutnya terjadi. Mobil pembalap Haas-Ferrari Romain Grosjean tanpa sebab yang pasti menabrak dinding pembatas trek. Padahal, saat itu semua mobil berjalan dalam kecepatan rendah dan tidak saling membalap karena masih ada safety car.

Baru pada lap 47 dari 51 putaran yang dilombakan,

safety car keluar. Vettel yang berjarak sangat dekat dengan pimpinan lomba Bottas berusaha menyalip di tikungan satu. Usahanya nyaris berhasil. Mobil Vettel sudah berada di depan Bottas. Namun, ketika akan memasuki tikungan, ban depan mobilnya terkunci karena mengerem sangat dalam. Akibatnya, Bottas bisa merebut kembali posisi terdepan.

Setelah insiden tersebut, permukaan ban mobil Vettel tergerus parah. Dengan mudah, pembalap Jerman itu disalip rekan satu timnya, Kimi Raikkonen, dan bintang Force India Sergio Perez. Dia mengakhiri balapan di posisi keempat.

Sementara itu, Bottas yang sudah nyaman memimpin lomba tiba-tiba mengalami pecah ban. Diduga, mobilnya melindas pecahan bodi mobil yang masih tertinggal di lintasan. ’’Saya bukan penyebabny­a saat ini. Saya tidak melihat apa-apa di sana. Jadi, saya hanya kurang-kurang beruntung,’’ ujar Bottas. Pada akhir lomba Raikkonen finis sebagai

runner-up di depan Perez. Hasil balapan tadi malam langsung melejitkan Hamilton ke posisi puncak klasemen pembalap. Poin yang dikumpulka­n sejauh ini 70. Sementara itu, Vettel yang sebelumnya memimpin klasemen harus turun ke urutan kedua dengan selisih empat poin.

Laporan BOBBY ARIFIN JUN QIAN dari Baku, Azerbaijan

 ??  ??
 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? LUAR BIASA: Pembalap Force India Sergio Perez sukses menempati posisi ketiga.
JUN QIAN/JAWA POS LUAR BIASA: Pembalap Force India Sergio Perez sukses menempati posisi ketiga.
 ??  ??
 ?? BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? KEMENANGAN YANG ANEH: Bintang Mercedes Lewis Hamilton menjadi juara GP Azerbaijan setelah rekan setimnya, Valtteri Bottas, mengalami ban pecah hanya dua lap sebelum race berakhir.
BOBBY ARIFIN/JAWA POS KEMENANGAN YANG ANEH: Bintang Mercedes Lewis Hamilton menjadi juara GP Azerbaijan setelah rekan setimnya, Valtteri Bottas, mengalami ban pecah hanya dua lap sebelum race berakhir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia