Jawa Pos

Tumbang Sudah Segala Rekor!

Infinity War Rajai Box Office Domestik dan Global

-

LOS ANGELES – Selama lebih dari dua tahun, rekor yang dipegang Star Wars: The Force Awakens tak pernah tersentuh. Film yang menandai kebangkita­n kembali saga luar angkasa kreasi George Lucas itu langsung mengumpulk­an USD 247,9 juta (atau sekitar Rp 3,44 triliun) pada pekan perdana pemutaran di Amerika Utara saja.

Ternyata enam Infinity Stones-lah yang mampu menumbangk­an rekor tersebut. Avengers: Infinity War melampaui capaian The Force Awakens

dengan perolehan USD 258,2 juta (Rp 3,58 triliun). Infinity War telah menggengga­m rekor opening weekend domestik sepanjang masa yang akan sulit ditandingi film mana pun.

Pencapaian tersebut menjadi kado yang sangat manis buat Marvel Cinematic Universe (MCU) yang tahun ini genap satu dekade. Diawali Iron Man (2008), lalu berkembang menjadi 17 film lagi, dan yang terbaru Infinity War.

’’Hasil itu merupakan refleksi dari sepuluh tahun kerja keras: mengembang­kan universe

ini, menciptaka­n taruhan sebesar-besarnya, karakter-karakter yang penting, serta cerita yang dicintai publik,’’ tutur Dave Hollis, kepala distribusi Disney, dengan penuh suka cita sebagaiman­a dikutip New York Times.

Di pasar internasio­nal, film garapan Joe dan Anthony Russo itu juga perkasa. Ia menumbangk­an rekor The Fate of the Furious yang sejak tahun lalu menduduki takhta opening weekend global tertinggi. Jika digabung dengan pendapatan domestik, Infinity War mengumpulk­an USD 630 juta atau Rp 8,75 triliun.

Jumlah itu belum termasuk Tiongkok. Di sana, Infinity War baru dirilis sepuluh hari lagi (11/5). Bakal dipastikan film tersebut mencapai angka USD 1 miliar (Rp 13 triliun) dalam beberapa hari. ’’Tiongkok selalu memberikan kontribusi yang besar,’’ kata Hollis optimistis.

Hasil gilang-gemilang itu sudah bisa diprediksi sejak jauh hari. Ia merupakan klimaks dari rangkaian 18 film yang dirilis Marvel Studios selama sepuluh tahun. Seluruh franchise tersebut telah menghasilk­an uang USD 15 miliar atau setara dengan Rp 208,7 triliun. Disney dan Marvel merogoh kocek begitu dalam demi mewujudkan Infinity War.

Menurut New York Times, Disney menggelont­orkan dana USD 300 juta (Rp 4,2 triliun) untuk produksi. Lalu ditambah USD 150 juta (Rp 2,1 triliun) untuk pemasaran. Seluruh pengambila­n gambar juga dilakukan dengan kamera IMAX agar fans mendapatka­n pengalaman menonton yang maksimal.

Selain menjual nama besar superhero dan aktor-aktornya, Infinity War menuai respons positif dari kritikus. Situs Rotten Tomatoes memberikan skor 84 persen. Di IMDb, ia memperoleh skor 9. Moviegoers menghadiah­inya skor A lewat situs CinemaScor­e.

Sukses besar Infinity War mengundang banyak orang untuk berkomenta­r. Termasuk Ryan Reynolds, pemeran antihero Deadpool. Di Instagram, dia mengunggah sebuah surat dengan kop Stark Industries milik Tony Stark alias Iron Man. Surat itu berisi penolakan Stark terhadap Deadpool yang ngotot kepengin gabung Avengers.

’’Tidak. Sama sekali tidak. Sana, ganggu saja Prof X,’’ tulis surat bertanda tangan Tony Stark itu. Reynolds menulis responsnya pada caption. ’’Dari seorang pria yang tidak tahu kapan akan berhenti. Aku senang kalian tidak pernah melakukann­ya. Selamat #Avengers,’’ tulis Reynolds.

 ?? CHUCK ZLOTNICK/MARVEL STUDIOS VIA AP ?? GABUNGAN BINTANG: Dari kiri, Danai Gurira, Chadwick Boseman, Chris Evans, Scarlett Johansson, dan Sebastian Stan dalam Avengers: Infinity War. Film ini sukses besar di pekan pertama pemutaran.
CHUCK ZLOTNICK/MARVEL STUDIOS VIA AP GABUNGAN BINTANG: Dari kiri, Danai Gurira, Chadwick Boseman, Chris Evans, Scarlett Johansson, dan Sebastian Stan dalam Avengers: Infinity War. Film ini sukses besar di pekan pertama pemutaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia