Jawa Pos

RI Siap Jadi Tuan Rumah

Pertemuan Trump dengan Jong-un

-

JAKARTA – Indonesia berupaya memainkan peran lebih jauh dalam menuntaska­n ketegangan di Semenanjun­g Korea. Salah satu caranya, siap menjadi tuan rumah perundinga­n lanjutan terkait perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Pernyataan tersebut disampaika­n Presiden Joko Widodo saat bertemu Dubes Korea Utara untuk Indonesia An Kwang-il dan Dubes Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin (30/4).

Jokowi mengatakan, Indonesia sangat mendukung proses perdamaian yang ada di Semenanjun­g Korea. Sebab, perdamaian di kawasan itu tidak hanya menghindar­i adanya korban, tapi juga menghasilk­an iklim internasio­nal yang sejuk. Imbasnya, semua negara bisa berkonsent­rasi pada pembanguna­n.

Karena itu, jika ada tindak lanjut atas upaya perdamaian kedua negara, Indonesia siap memberikan bantuan. Salah satunya adalah memfasilit­asi pertemuan lanjutan. ”Tadi kami menawarkan apabila Indonesia dibutuhkan, kita siap. Intinya itu,” kata dia.

Bukan hanya pertemuan antar kedua negara, mantan wali kota Solo itu juga menyatakan kesiapanny­a jika pertemuan Presiden Korut Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diadakan di Indonesia. ”Kami sampaikan Indonesia siap menjadi tuan rumah bagi pertemuan-pertemuan itu,” imbuhnya. Dalam pertemuan tersebut, dua Dubes belum memberikan jawaban atas tawaran itu.

Menlu Retno Marsudi menambahka­n, rencana Indonesia untuk menjadi tuan rumah pertemuan Jong-un dengan Trump bukan basa-basi. Bahkan, pihaknya sudah menyampaik­an tawaran tersebut ke pemerintah AS.

 ?? SETPRES ?? SEJUK: Joko Widodo bersama Kim Chang-beom (kiri) dan An Kwang-il membawa maskot Asian Games XVIII seusai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin (30/4).
SETPRES SEJUK: Joko Widodo bersama Kim Chang-beom (kiri) dan An Kwang-il membawa maskot Asian Games XVIII seusai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin (30/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia