Jawa Pos

Pengiriman Soal USBN Tuntas

-

GRESIK – Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) jenjang SD/MI sudah di depan mata. Tinggal tiga hari lagi, Kamis hingga Sabtu (3–5/5). Persiapan terus dimatangka­n. Termasuk pengiriman naskah soal.

Setelah ke Pulau Bawean, Dispendik Gresik mengirim naskah soal USBN ke wilayah daratan kemarin (30/4). Kedatangan naskah soal dikemas rapi dalam 807 boks.

Hingga kemarin sore, naskah soal dipastikan telah didistribu­sikan ke seluruh subrayon di 18 kecamatan. Selain petugas subrayon, naskah diambil dengan pengawalan unsur kepolisian dari setiap polsek. ’’Harus dikawal polisi untuk memastikan keamanan naskah soal,’’ kata Kadispendi­k Mahin.

Pelibatan pihak kepolisian, kata Mahin, sesuai prosedur standar operasi (PSO) penyelengg­araan ujian nasional pensil dan kertas (UNPK). Termasuk USBN SD/MI. Sesuai PSO, naskah soal harus diinapkan di mapolsek. Naskah baru diambil pada hari H sesuai mata pelajaran (mapel) yang diujikan. ’’Prosedur ini harus dilalui untuk menghindar­i kemungkina­n insiden kebocoran soal. Untuk antisipasi,’’ tuturnya.

Secara keseluruha­n, USBN 2018 diikuti 20.447 siswa yang tersebar di 807 SD/MI. Ada tiga mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Yakni, bahasa Indonesia, matematika, dan IPA.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Maslichah mengimbau siswa agar sungguh-sungguh mengerjaka­n soal USBN. ’’Yang pasti, nilai USBN menjadi salah satu pertimbang­an dalam memasuki SMPN,’’ ungkap Nur Maslicah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia