Jawa Pos

Eksperimen dan Comeback di Sektor Fullback

-

MADRID – Dani Carvajal dipastikan absen saat Real Madrid menghadapi Bayern Muenchen di Santiago Bernabeu dini hari nanti WIB (2/5). Fullback kanan Real itu mengalami

hamstring. Seiring Nacho Fernandez baru kembali berlatih setelah absen sebulan, siapa yang akan menjadi bek kanan Real dini hari nanti?

Entrenador Zinedine Zidane memberikan sinyal bakal kembali menjajal Lucas Vazquez. Dalam

leg pertama di Allianz Arena (26/4), winger 26 tahun itu menjalani peran sebagai bek kanan selama 23 menit terakhir. ’’Penampilan­nya cukup bagus (sebagai bek kanan),” kata Zidane kepada Marca.

Meski begitu, memainkan Vazquez sebagai bek kanan sejak menit awal di Bernabeu tetap berisiko. Seiring tidak memiliki karakter kuat dalam bertahan, Vazquez bisa dieksploit­asi winger berpengala­man Franck Ribery. Opsinya, Zidane bakal menurunkan dua gelandang bertahan, Casemiro dan Mateo Kovacic, dengan satu di antaranya mem

back up Vazquez.

Jika Real punya masalah di bek kanan, Bayern malah sebaliknya. Bek kiri reguler Die Roten, David Alaba, bisa dimainkan setelah absen dalam pertemuan pertama karena cedera. Alaba juga menyelesai­kan secara penuh sesi latihan Bayern dua hari terakhir.

Alaba adalah bek bertenaga kuda, cepat, serta punya kemampuan bertahan dan menyerang yang sama bagusnya. Bukan hanya itu, kolaborasi­nya dengan Ribery sangat solid dan berbahaya lantaran terbentuk sejak 2010. Semua aspek itu bisa memberikan masalah bagi Vazquez. ”(Kondisi ) saya lebih dari 100 persen menuju Bernabeu. Saya dalam motivasi tinggi,” ucap Alaba di situs resmi klub.

Di sisi lain, mantan pemain Real

Jorge Valdano menyebut bahwa memainkan

Vazquez sebagai bek bisa menjadi blunder. Valdano lebih merekomend­asikan Nacho yang punya kemampuan natural sebagai bek. ’’Vazquez mungkin bermain bagus, tapi hanya antara 20 sampai 25 menit,” ujar Valdano sebagaiman­a dikutip dari Radio Marca. (dra/c17/dns)

 ?? MICHAEL DALDER/REUTERS ?? HEAD-TO-HEAD: Lucas Vazquez dan David Alaba bakal berhadapan dalam leg kedua semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu dini hari nanti
WIB (2/5).
MICHAEL DALDER/REUTERS HEAD-TO-HEAD: Lucas Vazquez dan David Alaba bakal berhadapan dalam leg kedua semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu dini hari nanti WIB (2/5).
 ?? SERGIO PEREZ/REUTERS ??
SERGIO PEREZ/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia