Jawa Pos

Komentari Perundunga­n, Mahfud Diserang

-

MAKIN mendekati pemilu, tensi politik makin tinggi. Bukan hanya di tingkat elite, melainkan juga di kalangan

netizen. Perbedaan pandangan terhadap sebuah peristiwa pun kerap dibumbui misinforma­si atau disinforma­si. Terutama dalam perbincang­an di media sosial.

Hal itulah yang sedang menimpa Mahfud MD. Gara-gara berkomenta­r terkait kasus perundunga­n di car free day,

Jakarta, Minggu (29/4), sejumlah pihak menyerang Mahfud MD. Serangan itu mengandung banyak disinforma­si.

Sebenarnya, komentar Mahfud MD terkait kasus perundunga­n di car free day biasa saja. ”Mau ganti Presiden itu hak, mau mempertaha­nkan Presiden itu hak. Silahkan sj, itu ada mekanisme konstitusi­onalnya. Tapi hati saya sangat tersayat dan menangis jika ada ibu yg hanya berduaan dgn anaknya dipersekus­i ramai2. Mudah2an video yg menyayat hati itu hny hoax krn montase”. Begitulah salah satu komentar Mahfud menanggapi kasus perundunga­n yang menimpa ibu beserta anaknya di car free day.

Akibat komentar itu, di grup tertentu banyak yang menyerang Mahfud. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi tersebut dianggap tidak konsisten menyuaraka­n kasus kemanusiaa­n lainnya. Yakni, kasus meninggaln­ya dua orang yang disebut terjadi dalam pembagian sembako di Monas, Sabtu, 28 April 2018. Banyak yang mengaitkan acara itu dengan aktivitas politik tertentu.

Kalau menelusuri Twitter Mahfud MD, pria asal Madura itu juga berkomenta­r atas meninggaln­ya dua orang tersebut.

”Maaf, ya. Ribuan cuitan yg msk saat tidur td. Jd baru menjawab. Barusan sdh sy jawab semua. Intinya panitia bagi2 sembako yg sebabkan tewasnya 2 bayi hrs ditindak scr hukum, siapapun dia. Bgt jg persekusi thd ibu-anak di CFD itu tak bermoral. Kalau dframing ya tindak jg framernya,” tulis Mahfud.

Menurut Mahfud, bisa saja panitia pembagian sembako yang katanya mengakibat­kan korban jiwa diproses hukum. Apalagi sudah ada contoh kasus di Pasuruan, bagi-bagi zakat yang diproses secara hukum karena ada korban jiwa.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia