Jawa Pos

Melambung karena Cerita Vrey si Pencopet Jalanan

Shienny Megawati Sutanto; Dosen, Komikus, dan Penulis Shienny Megawati Sutanto, 37, dikenal sebagai komikus dan dosen. Lewat karya Ther Melian, dia mendapat tempat di hati penikmat komik. Baru-baru ini dia merilis versi novel, seri ketiga.

- ASA WISESA BETARI

SHIENNY, sapaannya, memiliki hobi menggambar sejak SD. Lembaran kosong di buku pelajaran menjadi ruang terbaik untuk menuangkan isi pikirannya. Shienny menggambar secara otodidak. Semakin bertumbuh, dia kian serius mendalami hobinya. Dia rajin mengirim karyanya ke penerbit-penerbit.

Usaha itu membuahkan hasil. Salah satu penerbit bersedia menerbitka­n komiknya. Sebagai mahasiswa semester awal, saat itu royalti yang didapat Shienny bisa dikatakan lumayan. ”Ada lah, bisa beli jajan sendiri,” katanya.

Dia sudah berkiprah dengan meluncurka­n beberapa judul komik saat masih kuliah. Di antaranya, Past Promise, White Castle, Love Flies, Love Junction, dan Fake Angel. Kemudian, pada 2007, Shienny mengawali pembuatan tetralogi Ther Melian. Tetralogi itu dibuat selama tiga tahun dan dirilis pada 2010.

”Ther Melian ini mendapat atensi yang luar biasa dari masyarakat. Kemudian, saya memuat Ther Melian Academy versi komik Webtoon di Line pada 2015,” lanjutnya saat ditemui setelah mengisi acara di Ciputra World.

Kisah sukses Ther Melian (TM) Academy dibuktikan dengan 4 juta pembaca. Di Webtoon, TM Academy sudah lebih dari 100 episode. Hal itu kemudian membuat bungsu empat saudara tersebut tertarik untuk membuat

Ther Melian versi novel. ”Ini

(Webtoon, Red) sih masih berlanjut. Tapi, saya sepertinya masih sibuk,” lanjut dosen desain komunikasi visual di Universita­s Ciputra itu.

TM Academy merupakan sekolah elite untuk murid-murid terpilih. Di dalamnya dikisahkan kehidupan seorang gadis bernama Vrey. Vrey merupakan pencopet jalanan yang bisa bersekolah di sana. Dia juga mendapatka­n beasiswa penuh dari kepala sekolah. Tak ada penjelasan mengapa Vrey bisa bersekolah di sana. Clue-clue yang terus diburu Vrey menjadi keseruan di setiap episodenya.

”Ada permintaan untuk membuat versi novelnya. Tapi, saya tidak mau sama. Oleh karena itu, saya ubah cerita dan penokohann­ya,” katanya. Novel TM Academy edisi pertama terbit pada 2010. Isi satu novel setara dengan 20 episode di Webtoon. Novel bergenre fantasi-romance tersebut laris manis di pasaran. Novel pertama telah dicetak ulang tiga kali. Pada setiap kali cetak, ada 5.000 buku.

Novel TM Academy ke-2 diterbitka­n oleh Elex Media Komputindo setahun kemudian. Buku ketiga diterbitka­n pertengaha­n April kemarin. ”Saya membuat novelnya sih santai. Selain mengarang cerita, saya juga membuat ilustrasin­ya,” tambah perempuan kelahiran 1981 tersebut.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SUDAH TIGA SERI: Shienny Megawati Susanto memperliha­tkan karyanya yang berjudul Ther Melian versi novel.
GALIH COKRO/JAWA POS SUDAH TIGA SERI: Shienny Megawati Susanto memperliha­tkan karyanya yang berjudul Ther Melian versi novel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia