Jawa Pos

Berpamitan, KSAL Minta Jalasenast­ri Jaga Suami

-

SURABAYA – Masa tugas Laksamana TNI Ade Supandi sebagai KSAL segera berakhir. Dia akan memasuki usia purnatugas 58 tahun pada 26 Mei mendatang. Didampingi sang istri, Endah Esti Hartanti Ningsih, Ade berpamitan dengan lebih dari 2.500 prajurit, PNS, dan Jalasenast­ri (istri anggota TNI-AL) wilayah timur. Seremoni itu berlangsun­g di Graha Samudera Bumimoro (GSB), Krembangan, kemarin (4/5).

Sebuah lagu perpisahan dari KLA Project berjudul Jogjakarta dinyanyika­n Ade dan Endah untuk memungkasi acara tersebut. Kota Pahlawan begitu berkesan bagi perwira tinggi bintang empat kelahiran Batujajar, Bandung, itu

Setelah lulus AAL pada 1983, Ade sering bertugas di Surabaya. Salah satunya, menjadi gubernur AAL dan panglima Komando Armada RI Kawasan Timur pada 2010–2012.

Peran TNI-AL sangat besar bagi negara. Karena itu, Ade memberikan pesan khusus kepada Jalasenast­ri untuk terus mendukung peran sang suami. ’’Ibu-ibu, mohon dijaga baik ya bapak-bapaknya,’’ ungkap Ade.

Diarak dengan jip terbuka, Ade dan Endah meninggalk­an barisan tentara. Mendekati ujung persimpang­an Monumen Yos Sudarso, ayah dua anak itu berteriak dengan lantang, ’’Jalesveva jayamahe’.’ Seruan dalam bahasa Sanskerta itu memiliki arti di laut kita jaya. Anak buahnya serempak menjawab teriakan sang laksamana dengan ujaran yang sama.

Sejumlah kenangan diukir Ade selama menjabat. Sejak dilantik pada 31 Desember 2014, Ade mampu mendatangk­an banyak KRI dan peralatan tempur anyar. Antara lain, tiga kapal selam, puluhan KRI tempur utama, pesawat udara, dan helikopter. Dia juga melakukan pemekaran pangkalan militer.

Yakni, Armada III dan Pasukan Marinir-3 di Sorong, Papua Barat. ’’Luas laut Indonesia masuk lima besar negara di dunia dengan wilayah terluas. Kita wajib bersyukur dan bertanggun­g jawab karena kewajiban kita sebagai angkatan laut,’’ ujarnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PURNATUGAS: Laksamana TNI Ade Supandi ditemani istri, Endah Esti Hartanti, pamit kepada satuannya di Graha Samudera Bumimoro, Krembangan, kemarin (4/5).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PURNATUGAS: Laksamana TNI Ade Supandi ditemani istri, Endah Esti Hartanti, pamit kepada satuannya di Graha Samudera Bumimoro, Krembangan, kemarin (4/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia