Jawa Pos

Sama-Sama Hadiri Haul Sunan Ampel

-

SURABAYA – Momen Haul Agung Ke-569 Sunan Ampel mendapat atensi dari para kandidat kontestan pilgub Jatim. Mereka mengikuti berbagai acara pada haul kali ini.

Cawagub nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak hadir dalam sesi tahlil akbar di area makam Sunan Ampel kemarin sore. Selain tahlil akbar, digelar acara bertajuk Sekilas Sejarah Sunan Ampel.

Emil juga bersilatur­ahmi dengan sejumlah tokoh dan ulama yang hadir dalam acara tersebut. Di antaranya, pengasuh Ponpes Al Anwar (Rembang) KH Maimoen Zubair dan Habib Muhammad Luthfi.

Emil menyebutka­n, kehadirann­ya dalam haul itu tidak terlepas dari kekagumann­ya terhadap Sunan Ampel. ’’Beliau adalah salah satu Wali Sanga yang berjuang menyebarka­n Islam di negeri ini,” katanya.

Menurut dia, banyak nilai positif yang bisa diambil dari sosok Sunan Ampel. Bukan hanya perjuangan­nya, tetapi juga kepemimpin­annya. ”Keteladana­n itu kami jadikan fondasi,” ujarnya.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa juga hadir dalam ziarah peringatan haul Sunan Ampel Jumat malam (4/5). Selain mengikuti berbagai agenda yang berlangsun­g, dia berbaur dengan para jamaah yang hadir.

Bagi Khofifah, ziarah ke makam Sunan Ampel sudah menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari kehidupann­ya. ”Sejak SMP, saya rutin ziarah ke makam beliau,” ungkapnya.

Dia menuturkan, ziarah ke makam para wali sangat berpengaru­h untuk membangun kesehatan rohani. ’’Ziarah adalah bagian dari kebutuhan spiritual agar tersambung dengan para Wali Sanga,” ucapnya. Selain Emil dan Khofifah, kontestan pilgub Jatim yang juga menghadiri rangkaian haul Sunan Ampel kali ini adalah cawagub nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BERSAMA ULAMA: Cawagub nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak (kiri) bertemu dengan pengasuh Ponpes Al Anwar Rembang KH Maimoen Zubair dalam Haul Agung Ke-569 Sunan Ampel di Surabaya kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS BERSAMA ULAMA: Cawagub nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak (kiri) bertemu dengan pengasuh Ponpes Al Anwar Rembang KH Maimoen Zubair dalam Haul Agung Ke-569 Sunan Ampel di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia