Jawa Pos

Kenalkan Blitar hingga AS

-

KESERIUSAN Pemkab Blitar mempromosi­kan potensi pariwisata, alam, hingga seni budayanya ke dunia internasio­nal layak diapresias­i. Sebab, beragam inovasi dilakukan dalam promosi tersebut.

Yang terbaru terlihat dalam lawatan perkenalan

Amazing Blitar yang dilangsung­kan di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 2 Mei lalu. Muhibah promosi budaya yang dipimpin langsung oleh Bupati Rijanto itu menyajikan beragam tampilan untuk mengenalka­n potensi di kabupaten pesisir selatan Jatim itu.

Salah satu di antaranya, pemutaran film bertajuk Blitar

garapan sutradara Indonesia Livi Zheng. Film tersebut telah ditayangka­n di Los Angeles.

Film itu mengangkat tema triangle diamond yang terdiri atas Pantai Serang, perkebunan teh Sirah Kencong, serta Candi Penataran. Konsep pembuatan film Blitar juga cukup menarik.

Durasinya cukup pendek, hanya empat menit. Dengan cara itu, Livi berharap agar film tersebut lebih mudah disebarlua­skan, khususnya di media sosial.

Film itu juga bakal terus diperkenal­kan di kampuskamp­us di AS. Rombongan tim kesenian yang dibawa Pemkab Blitar juga menggelar sebuah konser bertajuk

Amazing Blitar.

Sejumlah kesenian kolosal ditampilka­n. Di antaranya, tari jaranan dan tari emprak. Tidak hanya menampilka­n sejumlah kesenian khas Blitar, rombongan juga mengenalka­n beragam keindahan panorama.

Selain itu, Bupati Rijanto bersama Livi Zheng mendapat kehormatan menjadi dosen tamu di University of California, Los Angeles (UCLA) kemarin. Dalam kesempatan itu, Rijanto yang didapuk sebagai pemateri mengenalka­n budaya dan seni Indonesia.

Dia juga mengenalka­n keindahan alam hingga potensi wisata Blitar serta kawasan lain di Indonesia. ’’Ini adalah sebuah kesempatan emas bisa menyampaik­an langsung potensi budaya dan wisata kita,’’ ucap Riyanto.

 ?? PEMKAB BLITAR FOR JAWA POS ?? PROMOSI BUDAYA: Bupati Blitar Rijanto (kiri) bersama Livi Zheng saat di Los Angeles, Amerika Serikat.
PEMKAB BLITAR FOR JAWA POS PROMOSI BUDAYA: Bupati Blitar Rijanto (kiri) bersama Livi Zheng saat di Los Angeles, Amerika Serikat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia