Jawa Pos

Siapkan Deklarasi dengan Tujuh Negara

-

SURABAYA – Komitmen pemkot menjadikan Surabaya sebagai kota layak anak terus digaungkan. Tahun ini Surabaya didapuk sebagai tuan rumah perhelatan bertajuk Growing Up Urban pada Senin (7/5).

Event berupa diskusi tersebut diselengga­rakan United Nations Children’s Fund (Unicef ). Acara itu melibatkan delapan negara. Yakni, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Filipina, Thailand, Kamboja, Tiongkok, dan Indonesia (tuan rumah).

Kepala Dinas Pengendali­an Penduduk, Pemberdaya­an Perempuan, dan Perlindung­an Anak (DP5A) Surabaya Antiek Sugiharti menerangka­n bahwa menjadi tuan rumah acara tersebut merupakan kehormatan bagi Kota Pahlawan. ’’Inti pertemuan ini adalah berdiskusi dan berbagi ilmu,’’ jelasnya. Tujuan mereka adalah memecahkan problem-problem di setiap kota besar yang berkaitan dengan kondisi anak.

Kota-kota besar, termasuk Surabaya, menyimpan banyak potensi permasalah­an bagi anak. Mulai kesehatan, pendidikan, hingga sosial. Kota-kota besar harus bisa menjamin pelayanan yang optimal agar anak-anak bisa mendapatka­n kualitas hidup yang baik. Bukan hanya dari segi teknologi, melainkan juga SDM yang mumpuni.

Pemkot berupaya meningkatk­an kualitas kehidupan sosial anak-anak. Banyak program yang digagas. Salah satunya, mengukur pencapaian dengan indikator kinerja persentase kelurahan ramah anak.

Berdasar laporan 2017, pemkot mencapai indikator tersebut hingga 90 persen. Awal tahun pihaknya menargetka­n 35,71 persen kelurahan ditetapkan sebagai kelurahan ramah anak. Hingga akhir 2017, realisasin­ya mencapai 32,47 persen.

Antiek melanjutka­n, pertemuan dengan tujuh negara itu akan menghasilk­an deklarasi atau kesepakata­n. ’’Pertemuann­ya ini memang untuk tingkat wali kota. Nanti ada kesepakata­n untuk membangun kota yang proanak,’’ lanjut Antiek.

Delegasi acara tersebut diperkirak­an mencapai seratus orang. Mereka tiba di Surabaya kemarin. Acara puncak dilaksanak­an di Hotel JW Marriot pada Senin.

Pertemuann­ya ini memang untuk tingkat wali kota. Nanti ada kesepakata­n untuk membangun kota yang proanak.”

ANTIEK SUGIHARTI Kepala DP5A Surabaya

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia