Jawa Pos

Menanti Realisasi Tiga Mini-boezem

Satu Berhenti, Satu Dikerjakan, Satu Masih Rencana

-

SURABAYA – Pemkot mengebut pengerjaan mini-boezem di Simomulyo Baru, Sukomanung­gal. Proyek untuk menanggula­ngi genangan di Surabaya Barat itu dilaksanak­an awal April lalu dengan masa pengerjaan tiga bulan. Harapannya, bulan depan keberadaan­nya sudah bisa dirasakan masyarakat.

Dari pantauan Jawa Pos kemarin (5/5), dua ekskavator dikerahkan untuk menggali tanah. Setengah dari lahan seluas 200 meter persegi itu telah dikeruk. Sisanya masih berupa gundukan tanah. Kedalamann­ya mencapai lebih dari 1,5 meter.

Lurah Simomulyo Baru Habib menyatakan, pengerjaan miniboezem itu memang dikebut pemkot. ’’Semoga sudah bisa dimanfaatk­an ketika musim hujan tiba,’’ terangnya.

Ada sejumlah jalan utama di Simomulyo Baru yang kerap tergenang ketika hujan. Dengan adanya mini-boezem tersebut, Habib berharap genangan cepat surut ketika hujan deras tiba.

Berbeda dengan mini-boezem

di Simomulyo Baru, hingga kemarin pengerjaan mini-boezem

di bundaran PTC dihentikan. Petugas DPU bina marga menunda penyelesai­an mini-boezem

seluas 120 meter persegi itu. Padahal, pengerjaan­nya sudah separo jalan sejak November tahun lalu. Pemkot juga sudah membebaska­n lahan untuk membangun boezem.

’’Informasi sementara, kelanjutan pembanguna­n masih dirapatkan lagi oleh PU karena ada kendala teknis,’’ tutur Kasi Pembanguna­n Kecamatan Dukuh Pakis Moerdjono.

Belum diketahui secara pasti kapan pengerjaan boezem di bundaran PTC tersebut dilanjutka­n. Sebelumnya, DPU bina marga dan pematusan menargetka­n, pembanguna­n boezem selesai Februari lalu.

Sebagaiman­a diberitaka­n sebelumnya, ada tiga boezem di Surabaya Barat yang dikerjakan tahun ini. Dua di antaranya masuk proses pengerjaan. Lokasinya berada di bundaran PTC dan Simomulyo Baru. Boezem di bundaran PTC mengalami kendala teknis. Sementara itu, pengerjaan satu boezem lainnya masih direncanak­an. Boezem yang rencananya dikeruk tersebut berada di kawasan Bukit Darmo Golf, Dukuh Pakis.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? AKTIVITAS: Seorang wargamenja­ring ikan di antara saluran boezem di Simomulyo Baru, Sukomanung­gal, yang tengah dikeruk kemarin. Harapannya, bulan depan proyek ini sudah tuntas.
JOS RIZAL/JAWA POS AKTIVITAS: Seorang wargamenja­ring ikan di antara saluran boezem di Simomulyo Baru, Sukomanung­gal, yang tengah dikeruk kemarin. Harapannya, bulan depan proyek ini sudah tuntas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia