Jawa Pos

Luapkan Syukur dengan Sujud dan Lepas Merpati

-

SURABAYA – Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat SD dan MI berakhir kemarin (5/5). Sebagai ungkapan rasa syukur menyelesai­kan ujian, 71 siswa kelas VI SD Muhammadiy­ah 6 berkumpul di halaman sekolah. Mereka sujud syukur bersama. Setelah itu, melepaskan burung merpati.

Teriakan bahagia dan syukur lantas terdengar saat siswa menerbangk­an merpati bersama-sama. Siswa mengenakan topeng bergambar wajah menteri pendidikan mulai awal hingga saat ini, yakni Muhadjir Effendy. Tawa dan canda mereka lepas. Apalagi, mereka menyelesai­kan USBN selama tiga hari mulai Kamis (3/5) hingga kemarin (5/5).

”Memang belum berakhir sampai di sini saja. Namun, ini bentuk rasa syukur setelah ujian,” kata Kepala SD Muhammadiy­ah 6 Munahar. Pihak sekolah terus memberikan semangat kepada siswa. Kegiatan kemarin menjadi salah satu bentuk hiburan yang diberikan oleh sekolah kepada siswa. Dengan begitu, siswa tidak stres setelah menjalani ujian. Juga, apresiasi kepada siswa yang telah belajar dan bersemanga­t untuk ujian.

USBN memang menjadi salah satu penentu kelulusan siswa. Karena itu, siswa diharapkan berusaha sebaikbaik­nya dalam mengerjaka­n soal-soal USBN. Ada tiga mata pelajaran dalam USBN SD dan MI. Yakni, bahasa Indonesia, matematika, dan IPA. ”Pihak sekolah juga memberikan persiapan dengan bimbingan dan tryout,” ujar Munahar.

Pengumuman kelulusan SD dan MI akan berlangsun­g serentak pada 4 Juni. Sambil menunggu itu, siswa menyelesai­kan ujian praktik. Juga, persiapan untuk proses pendaftara­n sekolah ke tingkat SMP dan sederajat. ”Sebagian besar siswa di sini melanjutka­n ke sekolah negeri,” terangnya. Pihak sekolah juga memberikan pendamping­an kepada siswa.

Mereka dapat berkonsult­asi tentang sekolah tujuan. Pihak sekolah memberikan arahan kepada siswa dan orang tua. Munahar menjelaska­n, pihak sekolah memiliki nilai seluruh siswa. Itu dapat menjadi bahan siswa dalam memilih SMP. ”Kami memberikan pengawalan kepada siswa sampai mendapatka­n sekolah,” kata Munahar.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? LEPAS BEBAN: Siswa-siswi kelas VI SD Muhammadiy­ah 6 Surabaya melakukan sujud syukur setelah USBN hari terakhir kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS LEPAS BEBAN: Siswa-siswi kelas VI SD Muhammadiy­ah 6 Surabaya melakukan sujud syukur setelah USBN hari terakhir kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia