Jawa Pos

Tilap Uang Koperasi Rp 13,9 Juta

-

SIDOARJO – Riski Yudiantara mulai kemarin (5/5) harus meringkuk di balik jeruji besi. Pemuda 19 tahun itu ditangkap polisi karena menggelapk­an uang Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Jaya. Total dana yang ditilap mencapai Rp 13,9 juta.

Aksi tilap uang itu dimulai Desember tahun lalu. Modusnya, dia berpura-pura menggaet nasabah koperasi. Setelah mendapat kreditor fiktif, uang koperasi mulai dicairkan. ’’Dalihnya untuk mencairkan dana pada nasabah,’’ ucap Kapolsek Prambon AKP Isharyata.

Penipuan itu berlangsun­g cu- kup lama. Maret lalu KSP Makmur Jaya melakukan audit. Dari hasil pemeriksaa­n itu, keuangan koperasi mengalami defisit Rp 13,9 juta. ’’Pengeluara­n banyak, tapi tidak ada pemasukan,’’ jelasnya.

Melihat itu, pimpinan koperasi curiga. Satu per satu nama kreditor yang diajukan Riski dicek. Caranya, anggota koperasi turun menemui nama-nama tersebut. ’’Ternyata, nama-nama yang diajukan fiktif,’’ paparnya.

Pimpinan koperasi lantas memanggil Riski. Warga Desa Penambanga­n RW 2, Balongbend­o, itu diminta mempertang­gungjawabk­an aksinya. Dia diberi waktu sebulan untuk mengganti uang perusahaan. Sayang, jangka waktu tersebut tidak dimanfaatk­an Riski. Uang yang ditilap tidak kunjung diganti. Pihak koperasi lantas melaporkan­nya ke polisi.

Berbekal laporan tersebut, petugas langsung turun ke rumah Riski. Dia ditangkap tanpa perlawanan. ’’Kami jebloskan ke dalam penjara,’’ tuturnya. Dari penangkapa­n itu, polisi berhasil mengamanka­n sejumlah barang. Barang tersebut dibeli dari uang koperasi. ’’Uang sudah habis dipakai Riski,’’ ucapnya.

 ?? ARISKI/JAWA POS ?? BERSALAH: Riski Yudiantara dengan barang bukti yang diamankan petugas.
ARISKI/JAWA POS BERSALAH: Riski Yudiantara dengan barang bukti yang diamankan petugas.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? DITUNTUT TIGA TAHUN: Irene Evangelist­a setelah menjalani sidang tuntutan di PN Sidoarjo Rabu (2/5).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS DITUNTUT TIGA TAHUN: Irene Evangelist­a setelah menjalani sidang tuntutan di PN Sidoarjo Rabu (2/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia