Jawa Pos

BNNP Punya Stan Jaring Pecandu

-

SURABAYA – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim bakal punya stan khusus di Mal Grand City mulai Senin (7/5). Namanya Arena. Stan tersebut digunakan untuk menjaring para pecandu narkoba agar segera menjalani rehabilita­si.

Kabid Rehabilita­si BNNP Jatim AKBP Toni Sugianto memastikan bahwa proses rehabilita­si di BNNP Jatim tidak dipungut biaya sepeser pun. Dia meminta warga tidak memercayai bahwa rehabilita­si dikenai biaya besar. Kabarnya hingga Rp 200 juta. ’’Di luar memang santer sekali biayanya gede. Padahal, gratis. Gara-gara kabar tersebut, pecandu yang mau rehab jadi mundur semua,” ujarnya.

Selain itu, dia memahami soal ketakutan para pecandu. Misalnya, takut ditanya polisi soal asal barang haram yang dikonsumsi­nya. Bak pertanyaan saat pengembang­an penyelidik­an. Toni memastikan, hal tersebut tidak akan dialami para pecandu. ’’Kalau niat pulih dari ketergantu­ngan, datang ke kami,” ucapnya.

Toni mengungkap­kan, kabar besarnya biaya rehabilita­si tersebut sempat menghambat kinerja BNNP Jatim. Target 140 pasien volunter sulit tercapai. Pada 2017 hanya ada 64 pasien volunter yang datang. Pada 2018 ini, per 5 Mei baru ada 28 pasien volunter yang dipulihkan.

Di antara 28 pasien pulih itu, sebagian masih anak-anak. Usianya di bawah 18 tahun. Mereka merupakan hasil skrining di sebuah SMA di kawasan Surabaya Timur. Sejatinya ada 36 pasien yang mendaftar rehabilita­si. Namun, baru 28 orang yang pulih.

Arena merupakan kepanjanga­n dari Ajang Kreasi tanpa Narkoba. Stan inovasi BNNP Jatim itu bakal membuka layanan konseling bagi para pecandu narkoba sekaligus menjadi galeri kreasi para mantan pecandu yang berbentuk lukisan, sablon kaus, dan karya seni lain. Rencananya, Kepala BNN Irjen Pol Heru Winarko me-launching layanan terbaru milik BNNP Jatim itu pada Senin besok (7/5).

 ?? MIRZA AHMAD/JAWA POS ?? TAHAP PENANGANAN: Kabid Rehabilita­si BNNP Jatim AKBP Toni Sugianto menunjukka­n alur rehabilita­si pecandu narkoba.
MIRZA AHMAD/JAWA POS TAHAP PENANGANAN: Kabid Rehabilita­si BNNP Jatim AKBP Toni Sugianto menunjukka­n alur rehabilita­si pecandu narkoba.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia