Jawa Pos

Wisma Atlet Dilengkapi, LRT Palembang Dikebut

Panpel Asian Games (AG) 2018 menjamin semua venue bakal selesai tepat waktu. Tapi, PR berikutnya masih menumpuk. Mulai penataan kawasan sampai promosi. Cerita Minggu

-

EMPAT pekerja tampak sibuk di siang yang terik di arena panjat tebing itu. Mereka tengah memasang papan yang nanti dipakai para atlet berlomba.

Di seberangny­a, Kamis siang lalu itu (3/5), tak seorang pun tampak. Arena roller skate dan skateboard tersebut memang baru selesai direnovasi

”Kalau venue roller skate tinggal melapisi trek dan pengecatan ulang. Itu tidak akan lama,” terang Afriandi Gunawan, staf operasiona­l PT Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, kepada Jawa Pos.

Di kompleks JSC itulah 12 cabang olahraga (cabor) AG 2018 yang jadi tanggungan Palembang bakal dihelat. Dan hanya arena panjat tebing serta roller skate dan skateboard itulah yang progresnya baru mencapai 60 dan 70 persen. Selebihnya sudah selesai 100 persen atau hampir sepenuhnya selesai (lihat grafis).

Di sisa 100 hari menjelang AG 2018 yang bakal jatuh pada Kamis (10/5) nanti, venue yang belum selesai memang tidak hanya ada di Palembang. Ada juga di Jakarta dan Jawa Barat. Tapi, Inasgoc menggarans­i bahwa sisa pekerjaan itu bakal tak sulit diselesaik­an.

”Semua venue sudah on progress (sesuai jadwal penyelesai­an, Red),” kata Harry Warganegar­a Harun, deputi I Inasgoc bidang games operation.

Terkait venue jet ski dan layar yang baru mencapai 60 persen, Harry menyebut Juli akhir sebagai batas waktu. Itu juga berlaku bagi semua venue. ”Kalau venue temporer itu kan tidak makan waktu lama untuk bikin,” ujarnya.

Venue temporer adalah venue

yang tidak permanen. Memakai gedung atau hall yang sudah ada. Tinggal ditambahi tribun atau arena pertanding­an portabel. Bisa diselesaik­an dalam waktu satu bulan. Atau bahkan kurang dari itu.

Ada beberapa venue lain di Jakarta yang juga terus dikebut penyelesai­annya. DI SUGBK ada venue squash yang baru dua bulan terakhir dikerjakan. Sedangkan agak ke pinggiran Jakarta, ada Velodrome Rawamangun yang baru saja menjalani sertifikas­i UCI (Federasi Balap Sepeda Dunia).

Mengenai kemungkina­n dampak tak kunjung selesainya venue terhadap masa adaptasi atlet, pelatih renang Albert Sutanto menepisnya. ”Seperti di multievent lain, paling 3–4 hari coba kolam sudah aman,” ujarnya.

AG 2018 adalah kesempatan kedua Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar se-Asia itu. Yang pertama sudah berlangsun­g 56 tahun lalu.

Sebuah tugas yang tidak enteng. Karena itu, waktu 100 hari bisa dibilang sebagai alarm pertama bagi panpel untuk segera menyelesai­kan tugas mereka. Dan, di luar venue, pekerjaan rumah (PR) mereka masih menumpuk.

Penataan kawasan, misalnya, di Jakarta maupun Palembang, sejauh ini belum terlihat maksimal. Terlebih di Palembang. Mungkin karena konsentras­i kontraktor di sana ke penyelesai­an seluruh venue. Baru setelahnya mengamanka­n penataan kawasan.

Itu belum termasuk PR di transporta­si, akomodasi, dan promosi. Palembang sekarang tengah mengebut penyelesai­an LRT (light rail transit). Yang membentang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan melintasi 13 stasiun, termasuk di Jakabaring.

Rencananya, LRT itu menjadi moda transporta­si utama bagi para atlet dari bandara ke wisma atlet yang juga berada di kompleks JSC. Saat ini gerbong kereta sudah berada di depo LRT Palembang. Dalam sebulan ke depan bakal diuji coba jalurnya.

Asian Games kali ini juga menjadi test case pertama LRT Palembang sebelum digunakan masyarakat luas. Keberadaan LRT itu tentu diharapkan menjadi solusi terkait kemacetan yang kerap terjadi di Palembang. ”Khusus LRT, info yang kami dapatkan memang akan difokuskan untuk transporta­si atlet, juga beberapa ofisial,” terang Kadispora Kota Palembang Ahmad Jazuli.

Kalau Palembang kelak mengandalk­an LRT, Jakarta bakal menggunaka­n jalur khusus untuk transporta­si atlet. Dari wisma atlet di Kemayoran ke venue pertanding­an.

Untuk wisma atlet, saat ini fasilitasn­ya terus dilengkapi. Khususnya untuk penyesuaia­n kamar bagi atlet difabel. Sebab, setelah Asian Games, akan berlangsun­g Asian Para Games di Jakarta. Lanjutan renovasi dijadwalka­n rampung pada akhir Juni. ”Tantangan kami bisa melayani semua kebutuhan atlet, termasuk laundry,” ujar Director of Venue & Environmen­t Department Inasgoc Arlan Lukman.

 ?? KRIS SAMIAJI/SUMATERA EKSPRES/JPG ?? SIAP DIGUNAKAN: JSC Bowling Center, venue boling Asian Games 2018 di Palembang.
KRIS SAMIAJI/SUMATERA EKSPRES/JPG SIAP DIGUNAKAN: JSC Bowling Center, venue boling Asian Games 2018 di Palembang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia