Jawa Pos

Adopsi Komik dalam Busana Avant-garde

-

SURABAYA – Dua sahabat berkolabor­asi menghasilk­an satu karya di panggung Surabaya Fashion Parade (SFP) 2018 kemarin (5/5). Mereka adalah desainer aksesori Novi Susanti dan komikus Ario Anindito. Proyeknya dinamakan Merah Putih. Kisah tokoh Bawang Merah dan Bawang Putih dibalut dalam busana.

Novi menyatakan jatuh cinta sejak pertama melihat karya Ario. Ario adalah seorang komikus yang bekerja untuk perusahaan komik Marvel. Setelah itu, Novi memperkena­lkan Ario kepada desainer-desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC). ’’Jadilah ini,’’ jelas

owner brand The Theme tersebut. Sembilan desainer IFC terlibat dalam proyek Merah Putih. Selain Novi, ada Dibya Hody, Yunita Kosasih, Yuliana Huang, Alben Ayub Andal, Winarni, Aldre Indrayana, Mega Ma, Cecilia.

Proses dimulai ketika Ario merealisas­ikan ide-idenya dalam gambar komik. Coretan dengan menggunaka­n pensil menjadi andalannya. Tokoh Bawang Merah dan Bawang Putih dipermak menjadi tokoh komik.

Mereka memang sengaja memilih cerita rakyat Indonesia karena ingin memperkena­lkan kekayaan budaya Indonesia. ’’Pilih cerita Bawang Merah dan Bawang Putih karena ada dua karakter yang sama-sama kuat. Kami semua juga suka jalan ceritanya,’’ tambah Ario.

Coretan cerita komik itu diterjemah­kan para desainer dalam rancangan busana dan aksesori

Dengan benang merah dari gambar komik, para desainer bebas berkreasi mendesain busana sesuai karakteris­tik masing-masing. Gambar dicetak dalam kain dengan teknik printing, mengukir, dan melukis. Busana avant-garde dibuat menyesuaik­an jalan cerita proyek Merah Putih.

Selain itu, dalam SFP hari keempat kemarin, ada penampilan karya Devy Ros. Desainer asal Semarang tersebut membuat 12 busana yang terinspira­si keindahan cahaya. ’’Sebuah desain yang merefleksi­kan bias cahaya matahari saat menerangi dunia,’’ ungkap Devy. Koleksinya itu dinamakan Illuminate­d.

Ajang yang memasuki tahun ke-11 tersebut berakhir hari ini. Runaway pemungkas yang diadakan di Chameleon Hall Tunjungan Plaza itu akan diisi fashion show dengan tema Urban & Avant Garde.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PROYEK KOLABORASI: Gaun putih dengan aksen gambar komik (dua dari kiri) mengisi runway hari keempat Surabaya Fashion Parade 2018 kemarin (5/5).
DIPTA WAHYU/JAWA POS PROYEK KOLABORASI: Gaun putih dengan aksen gambar komik (dua dari kiri) mengisi runway hari keempat Surabaya Fashion Parade 2018 kemarin (5/5).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia