Jawa Pos

Beli Karcis, lewat Aplikasi Saja

-

MEMBELI tiket bus kini lebih mudah. Tidak perlu ke terminal atau agen penjualan tiket. Bisa dari mana saja melalui e-ticketing yang dua bulan lalu diluncurka­n Kementeria­n Perhubunga­n. E-ticket bus bisa diperoleh penumpang melalui aplikasi Bosbis dan Traveloka.

”Tiket bisa beli lewat Traveloka maupun Bosbis. Jadi, tidak perlu pakai calo,” kata Dirjen Perhubunga­n Darat Budi Setiadi. Ke depan, aplikasi e-ticketing itu dikerjasam­akan juga dengan toko ritel modern.

Sayang, pembelian tiket bus melalui Bosbis dan Traveloka tidak bisa dilakukan jauh-jauh hari. Misalnya, untuk Traveloka, tiket dijual sebulan sebelum keberangka­tan. Ketika berangkat Juni, penumpang harus membeli tiket pada bulan yang sama

Bosbis tidak jauh beda. Untuk memesan tiket bus melalui Bosbis, caranya mirip dengan membeli tiket kereta dan pesawat melalui aplikasi. Input jadwal keberangka­tan, titik berangkat dan kota tujuan, nama penumpang, serta nomor kursi yang diinginkan. Kemudian, bayar melalui ATM atau e-banking.

Dengan aplikasi itu, penumpang tinggal membawa kode booking dan kartu identitas untuk naik bus di terminal atau titik keberangka­tan yang ditentukan. Dengan demikian, ketika sudah sampai terminal, penumpang pasti mendapat kursi. Keberangka­tan pun bisa dijadwalka­n.

Budi membenarka­n bahwa belum semua jurusan dan semua bus tersedia. Masih terbatas pada daerah-daerah tertentu. Namun, pihaknya tengah mendorong pihak-pihak terkait untuk memanfaatk­an e-ticketing.

Dengan sistem baru itu, akan terlihat jumlah armada, jatah kursi yang tersisa, harga tiket, dan halhal lain yang berkaitan dengan layanan bus. Dengan demikian, jika ada perubahan, hal itu bisa cepat diperbarui. Misalnya, soal jumlah penumpang dan kursi.

Ke depan, setiap terminal yang dikelola pusat, menurut Budi, diberi alat penjualan tiket. ”Pembeli bisa membeli di mesin tersebut,” ujarnya. Dia menargetka­n pengadaan alat itu tidak lebih dari setahun setelah e-ticket di-launching.

Musim Lebaran kali ini menjadi uji coba e-ticketing menghadapi permintaan yang begitu banyak. Salah satu kendala yang wajib diantisipa­si adalah server down sehingga bisa menyulitka­n masyarakat mendapatka­n tiket. Hal serupa terjadi saat PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka jadwal tiket kereta tambahan 16 April lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia