Jawa Pos

MARQUEZ SUDAH MENJAUH

Kecelakaan Besar Rugikan Ducati

- dari Jerez

JEREZ – Strategi ’’melarikan diri’’ yang dipraktikk­an juara bertahan MotoGP Marc Marquez sejak MotoGP Amerika Serikat tetap jitu dipakai di Sirkuit Jerez tadi malam. Setelah membabat bintang Ducati Jorge Lorenzo pada lap ke-8 dan mengambil alih pimpinan lomba, Marquez tak tersentuh lagi sampai finis.

Marquez begitu nyaman dengan strateginy­a, seminimalm­inimalnya berduel dengan pembalap lain. Sampai balapan masih menyisakan sepuluh lap, dia sudah unggul nyaris 2 detik atas rider di belakangny­a. Rasanya, hanya Marquez yang bisa mengalahka­n dirinya sendiri.

Benar saja, Marquez nyaris terjatuh pada lap ke-14 setelah pembalap Marc VDS-Honda Thomas Luthi terjatuh dan motornya terseret ke gravel trap. Kecelakaan itu membuat banyak kerikil masuk ke lintasan. Saat menikung dalam kecepatan tinggi pada lap berikutnya, ban belakang motor Marquez melindas kerikil sampai nyaris terjatuh. Namun, dengan skill penyelamat­an yang mumpuni, juara dunia empat kali MotoGP tersebut selamat. ’’Ya, itu Marquez style,’’ katanya setelah balapan.

Saat Marquez nyaman memimpin lomba, tiga pembalap pemburu di belakangny­a sebenarnya masih berpeluang mengejar di sepuluh lap terakhir. Tapi, drama besar terjadi saat balapan menyisakan delapan lap.

Pada tikungan 6, Andrea Dovizioso (Ducati) melakukan attack

kepada rekan setimnya, Jorge Lorenzo, untuk merebut posisi kedua. Usahanya berhasil, tapi motornya agak melebar. Kesalahan kecil itu dimanfaatk­an Lorenzo untuk merebut kembali posisinya. Tapi, dia tidak sadar bahwa dari sisi dalam tikungan, Dani Pedrosa (Repsol Honda) juga sedang memanfaatk­an kemelut tersebut untuk menyodok ke posisi kedua. Akibatnya, Lorenzo bertabraka­n dengan Pedrosa. Motor Lorenzo yang bergerak liar menghajar Desmosedic­i yang ditunggang­i Dovizioso. Ketiganya terlempar dari motor dan gagal finis. Pedrosa paling parah karena mengalami highside

(melayang di udara dan lantas terempas). Insiden itu mungkin bisa menimbulka­n cedera baru saat kondisi tangan kanannya belum pulih betul.

Hasil balapan tadi malam semakin mengukuhka­n posisi Marquez di puncak klasemen pembalap. Kemenangan sempurna pada dua balapan terakhir membuat koleksi poinnya membengkak menjadi 70 angka.

 ?? JON NAZCA/REUTERS ?? DOMINAN: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez setelah memenangi lomba kemarin.
JON NAZCA/REUTERS DOMINAN: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez setelah memenangi lomba kemarin.
 ?? JON NAZCA/REUTERS MOTOGP ?? BUKAN SPIDER-MAN: Kejadian terpelanti­ngnya Dani Pedrosa pada lap ke-17. Kanan, Marc Marquez memanjat pagar Sirkuit Jerez untuk merayakan kemenangan­nya pada MotoGP Spanyol tadi malam WIB.
JON NAZCA/REUTERS MOTOGP BUKAN SPIDER-MAN: Kejadian terpelanti­ngnya Dani Pedrosa pada lap ke-17. Kanan, Marc Marquez memanjat pagar Sirkuit Jerez untuk merayakan kemenangan­nya pada MotoGP Spanyol tadi malam WIB.
 ?? MCLAREN ??
MCLAREN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia