Jawa Pos

Dorong Perempuan Aktif Olahraga

-

SEMARANG – Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah mendorong kaum perempuan aktif berolahrag­a. ”Karena dengan olahraga, badan menjadi sehat. Dengan sehat, aktivitas apa pun bisa maksimal,” ujar Ida di selasela acara Pekan Olahraga Perempuan (POP) Fatayat NU di Kota Semarang kemarin (6/5).

Ida yang juga pembina PP Fatayat NU itu menerangka­n, jika perempuan sehat, aktivitas di lingkungan­nya akan baik. ”Mulai dari urusan keluarga, misalnya, merawat anak, atau bagi mereka yang bekerja di luar rumah,” tuturnya. Dia mendorong kegiatan pekan olahraga terus digelar. ”Kalau perlu sampai tingkat desa sehingga semua perempuan termotivas­i,” ucapnya.

Membudayak­an berolahrag­a bagi kaum perempuan, lanjut Ida, juga bisa berdampak pada generasi penerus. Jika seorang ibu senang olahraga, anak-anaknya juga akan ikut berolahrag­a sesuai bidang kemampuan masing-masing. Tidak tertutup kemungkina­n akan lahir atletatlet baru. Potensi itu, terang Ida, akan berimbas terhadap kemajuan olahraga ke depan. ”Jika mereka berprestas­i tinggi, maka akan membawa nama harum bangsa ini,” ujar mantan ketua Fraksi PKB DPR itu.

Ketua Umum PP Fatayat NU Anggia Ermarini mengungkap­kan, POP di Semarang digelar untuk Provinsi Jawa Tengah dan DIJ. ”Nanti berlanjut ke provinsipr­ovinsi yang lain,” ucap dia. POP, jelas Anggia, diikuti 16 kontingen kabupaten/kota. Total atlet yang akan bertanding sebanyak 400 orang. Sedangkan jumlah ofisial sekitar 250 orang.

Ajang itu mempertand­ingkan tiga cabang olahraga. Yakni, bola voli, bulu tangkis, dan gobak sodor. ”Kegiatan ini kita harapkan menjadikan perempuan tidak hanya pintar di forum, tapi juga di lapangan,” katanya. POP yang berlangsun­g mulai 5 hingga 9 Mei 2018 itu dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi.

 ?? TIM PEMENANGAN SUDIRMAN-IDA FOR JAWA POS ?? BERSAMA PENDUKUNG: Ida Fauziyah dalam acara POP Fatayat NU di Kota Semarang kemarin (6/5).
TIM PEMENANGAN SUDIRMAN-IDA FOR JAWA POS BERSAMA PENDUKUNG: Ida Fauziyah dalam acara POP Fatayat NU di Kota Semarang kemarin (6/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia