Jawa Pos

Dua Mahkota di Depan Mata

-

TURIN – Pesta perayaan gelar juara buat Juventus makin dekat saja. Bukan hanya satu gelar. Nyonya Tua –julukan Juve– bahkan bisa meraih dua mahkota. Ya, selain mahkota Serie A, Juve bisa melengkapi koleksinya dengan trofi Coppa Italia pekan ini. Juve akan menghadapi AC Milan pada laga final Coppa Italia di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (10/5).

Nah, sangat terbuka peluang Juve meraih mahkota di pentas Serie A seiring dengan kemenangan 3-1 atas Bologna di Allianz Stadium, Turin, kemarin. Saat Juve menggilas Bologna, Napoli yang menjadi pesaing terdekat hanya bisa bermain imbang 2-2 ketika menjamu Torino tadi malam. Napoli kini tertinggal enam poin oleh Juve. Dengan sisa dua laga di pentas Serie A, Juve hanya butuh tambahan satu poin untuk mengunci scudetto.

Tiga gol kemenangan Juve dicetak lewat gol bunuh diri pemain Bologna Sebastien De Maio pada menit ke-52, lalu Sami Khedira (63’), dan Paulo Dybala (69’). Tiga gol tersebut membalas satu gol

Rossoblu via penalti Simone Verdi (30’).

Kedalaman skuad lagi-lagi menjadi kartu truf Juve. Dua di antara tiga gol Juve tercipta berkat assist dari Douglas Costa yang baru masuk awal babak kedua menggantik­an Blaise Matuidi. Itu assist

dia yang ke-12 musim ini. Hebatnya, tujuh di antaranya tercipta saat winger timnas Brasil itu tampil sebagai pengganti.

’’Belum. Kami belum scudetto, kata Allegri kepada Sky Sport Italia. ’’Kami akan menghadapi Milan (di final Coppa Italia, Red) yang stabil akhir-akhir ini. Tapi, laga itu adalah final dan kami tentu saja ingin memenangka­nnya,’’ lanjut pelatih 50 tahun tersebut.

Allegri menegaskan, dirinya tidak melakukan rotasi untuk meminimalk­an risiko kelelahan atau cedera bagi pemainnya. Itu dilakukan Allegri untuk memperbesa­r peluang meraih double winners pekan ini.

Apalagi, Juve bisa terhambat lantaran AS Roma yang menjadi lawan pada pekan ke-37 nanti masih membutuhka­n

tre punti untuk mengamanka­n satu slot di empat besar.

’’Kami terbiasa dengan musim yang panjang seperti ini dan ketika kami mencapai akhir. Wajar bila ada kelelahan. Satu-satunya hal positif bagi kami adalah saat beberapa kali membuat kesalahan (di beberapa pertanding­an, Red) yang berimbas kepada meningkatn­ya tekanan, tapi kemudian kami berhasil memutar dan mengatasin­ya lagi,’’ timpal bek Andrea Barzagli.

Bagi Bologna, kekalahan kemarin membuat posisi mereka di Serie A musim depan belum aman. Tim polesan Roberto Donadoni itu membutuhka­n setidaknya satu poin lagi agar bisa memastikan diri bertahan. Sebab, raihan mereka masih selisih enam angka dari Cagliari yang berada di posisi ke-18 (39-33). Hingga saat ini, dua tim dipastikan terdegrada­si ke Serie B. Mereka adalah Benevento dan Hellas Verona.

’’Sebenarnya kami memiliki banyak alasan untuk memprotes laga tadi (kemarin, Red). Namun, semuanya sudah terjadi,’’ kata Donadoni.

 ?? MASSIMO PINCA/REUTERS ?? MAKIN DEKAT: Pemain Juventus merayakan kemenangan atas Bologna di Allianz Stadium, Turin, kemarin. Kemenangan itu memperbesa­r peluang Juve meraih scudetto.
MASSIMO PINCA/REUTERS MAKIN DEKAT: Pemain Juventus merayakan kemenangan atas Bologna di Allianz Stadium, Turin, kemarin. Kemenangan itu memperbesa­r peluang Juve meraih scudetto.
 ?? ALESSANDRO DI MARCO/EPA ?? PISAH: Sami Khedira menggendon­g Stephan Lichtstein­er setelah membobol gawang Bologna.
ALESSANDRO DI MARCO/EPA PISAH: Sami Khedira menggendon­g Stephan Lichtstein­er setelah membobol gawang Bologna.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia