Jawa Pos

Kelelawar Serasa Debutan Eropa

-

VILLARREAL – La Liga menjadi liga elite Eropa pertama yang telah memastikan line-up mereka di Liga Champions musim depan (2018–2019). Setelah tiga tim langganan, yakni Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid, Valencia menggenapi kuota empat tim kemarin dini hari WIB (6/5).

Meski kalah 0-1 oleh Villarreal di Estadio de la Ceramica, Valencia tetap lolos. Sebab, Real Betis kalah 0-2 oleh Athletic Bilbao di San Mames. Seiring dengan unggul 8 poin (67-59), Los Che tak akan tergusur oleh Betis karena La Liga hanya menyisakan dua laga.

Kali terakhir Valencia lolos ke Liga Champions adalah musim 2015–2016. Saat itu Kelelawar Mestalla hanya finis ketiga di fase grup. Jika dibandingk­an dengan dua musim lalu, skuad Valencia saat ini berbeda jauh. Hanya kapten tim Dani Parejo sebagai starting XI yang masih bertahan.

Tidak ada lagi nama-nama seperti Skhodran Mustafi (ke Arsenal), Nicolas Otamendi (Manchester City), Paco Alcacer dan Andre Gomes (Barcelona), serta Alvaro Negredo (Besiktas). Bahkan, di antara 23 pemain di skuad Valencia musim ini, 16 penggawa bakal menjalani debut di Liga Champions.

’’Kami selayaknya debutan (di Liga Champions musim depan, Red),’’ kata entrenador Valencia Marcelino Garcia Toral sebagaiman­a diberitaka­n Mundo Deportivo. Marcelino juga belum ber- pengalaman tampil di kompetisi antarklub paling prestisius di dunia tersebut.

Entrenador 52 tahun itu menilai Valencia musim ini sudah sepantasny­a lolos ke Liga Champions. Sejak jornada kelima, Los Che selalu bertahan di empat besar, bahkan sempat membayangi sang juara, Barca, selama dua bulan (Oktober– November 2017). ’’Apa pun yang dikatakan atas kelolosan kami ke Liga Champions, kami sangat bergembira dan berbangga. Saya memberikan apresiasi atas usaha pemain setelah beberapa tahun yang sulit,’’ tuturnya.

Kedatangan Marcelino dianggap memberikan stabilitas bagi Valencia setelah mengalami turbulensi bersama sejumlah pelatih. Di antaranya, Nuno Espirito Santo, Gary Neville, Pako Ayestaran, Cesare Prandelli, dan Salvador ’’Voro’’ Gonzalez.

Faktor lainnya adalah kebijakan bagus dalam bursa transfer. Bukan membeli pemain mahal, melainkan mendapatka­n pemain pinjaman dengan kualitas yang lumayan. Mulai Jeison Murillo dan Geoffrey Kondogbia yang dipinjam dari Inter Milan, Goncalo Guedes (PSG), hingga Andreas Pereira (Manchester United).

Di antara daftar nama tersebut, Marcelino sudah meminta kepada direksi Valencia untuk mempermane­nkan Guedes. Winger 21 tahun asal Portugal itu mengemas 5 gol dan 11 assist musim ini.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia