Jawa Pos

Cegah Bantuan Dipakai untuk Beli Baju Baru

Diskusi dengan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Gresik

-

Peran pendamping menjadi kunci pelaksanaa­n PKH. Bantuan tunai dari pemerintah untuk masyarakat itu harus diawasi. Jawa Pos berbincang dengan Koordinato­r PKH Gresik Lestari Widodo dan timnya.

APA tujuan PKH?

Program ini lebih dimaksudka­n untuk membangun sistem perlindung­an sosial. Secara umum untuk penanggula­ngan kemiskinan. Karena itu, program ini memberikan bantuan tunai kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM). Masyarakat penerima harus berkomitme­n melaksanak­an kewajibann­ya dalam upaya peningkata­n kualitas sumber daya manusia (SDM).

Apa fokus garapannya?

Ada beberapa tujuan. Meningkatk­an pendidikan anak-anak keluarga tidak mampu. Meningkatk­an status kesehatan. Baik untuk gizi ibu hamil maupun anak di bawah 6 tahun. Tujuan akhirnya adalah meningkatk­an kondisi sosial ekonomi penerima.

Bagaimana pelaksanaa­nnya di Gresik?

Di Gresik, ada 50.356 keluarga penerima atau lebih dari 100 ribu jiwa. Pendamping PKH sebanyak 150 orang. Tugas mereka adalah me- mastikan penyaluran bantuan tunai dan mengawasi penggunaan­nya. Jangan sampai uang itu disalahgun­akan. Sampai ada cerita uang PKH dipakai ibu-ibu untuk beli baju baru atau dipakai ayah untuk beli rokok. Itu keliru besar.

Bagimana kesejahter­aan para pendamping sendiri?

Terus-terang saja, gaji kami ini masih di bawah UMK. Padahal, tugas kami tidak ringan dan tidak remeh. Yaitu, membangun mental dan meningkatk­an kualitas SDM masyarakat penerima. Gaji kami hanya berasal dari pusat.

Seharusnya ada perhatian dari pemerintah daerah. Padahal, program PKH ini kan lintas sektor. Tidak hanya di dinas sosial, tetapi juga dinas pendidikan, dinas kesehatan, Kemenag, dan Badan Pusat Statistik (BPS). Kami sangat berharap perhatian dari pemkab.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? TUGAS MULIA: Lestari Widodo (depan, dua dari kanan) bersama timnya pendamping PKH se-Kabupaten Gresik.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS TUGAS MULIA: Lestari Widodo (depan, dua dari kanan) bersama timnya pendamping PKH se-Kabupaten Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia