Jawa Pos

Robot dari Barang Bekas Berprestas­i

-

SURABAYA – Empat siswa SD Islam Al Azhar Surabaya baru saja menorehkan prestasi tingkat ASEAN. Mereka menjadi runner-up lomba robot rescue di ajang ASEAN MATE ROV 2018 yang berlangsun­g akhir bulan lalu.

Mereka adalah Evan Abhaya Bisma, Zaid Baihaqi, Rafif Fawwazrais Adibawono, dan Jibril Atta Maulana. Empat siswa kelas IV dan V itu membuat robot underwater yang diberi nama Alsebaya ROV (remotely operated vehicle). Karya mereka berhasil mengalahka­n peserta dari berbagai negara. Di antaranya, Indonesia, Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Singapura.

Atta mengatakan, robot tersebut didesain dengan menggunaka­n barang-barang bekas. Di antaranya, pipa, pelampung, motor penggerak, pegangan untuk mengangkat barang yang terbuat dari akrilik, slang, besi kawat, dan kabel. ’’Kami bikin ROV sederhana,” katanya.

Robot tersebut dibuat untuk menyelesai­kan misi di dalam air yang telah ditentukan panitia. Yakni, mendeteksi gempa, mencari pesawat hilang di laut, mendeteksi energi sumber daya alam di dalam air, dan melestarik­an rumput laut. ’’Bahan bakar yang digunakan adalah listrik dan aki,” ujarnya.

Evan pun menjelaska­n cara kerja robot tersebut. Menurut dia, robot itu memiliki control box yang di dalamnya terdapat komponen-komponen untuk menggerakk­an motor penggerak. Kemudian, robot tersebut dikendalik­an dengan remote PlayStatio­n (PS). ’’Seluruh misi hanya memiliki waktu 15 menit,” imbuhnya.

 ?? GHOFUUR/JAWA POS ?? UNDERWATER: Dari kiri, Atta, Evan, Zaid, dan Rafif mengoperas­ikan robot di Kolam Renang TK/KB AL Azhar 15.
GHOFUUR/JAWA POS UNDERWATER: Dari kiri, Atta, Evan, Zaid, dan Rafif mengoperas­ikan robot di Kolam Renang TK/KB AL Azhar 15.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia