Jawa Pos

Tangkap Empat Pencatut Kapolres Tanjung Perak

-

SURABAYA – Belum satu bulan menempati jabatannya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto sudah dibuat pusing oleh oknum tak bertanggun­g jawab. Komplotan penipu berusaha meraup uang dengan mengatasna­makan pria asal malang itu. Empat tersangka kini sudah diamankan aparat karena kasus tersebut.

Saat dikonfirma­si, Agus membenarka­n soal penangkapa­n itu. Menurut dia, untuk pengejaran komplotan tersebut, perlu ada upaya ekstra. Sebab, tersangka yang mengaku sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak yang baru itu rupanya tak berdomisil­i di Surabaya. ’’Intinya, pelaku yang berpura-pura jadi saya tersebut sudah ditangkap beserta barang bukti. Besok (hari ini, Red) kami akan ungkap detail kejadianny­a,’’ ungkapnya kemarin (6/5).

Menurut sumber internal kepolisian, kasus itu terungkap beberapa hari setelah Agus mengadakan upacara sertijab di Mapolda Jatim pada 18 April lalu. Bahkan, saat itu ayah tiga anak tersebut belum resmi ngantor di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak. Namun, sudah ada beberapa telepon yang mengatasna­makan dia untuk meminta upeti.

Empat tersangka dengan inisial HSW, CDR, ALM, dan MCT tersebut mengeruk keuntungan yang cukup besar. Upeti yang dikumpulka­n dalam kasus itu dikabarkan mencapai Rp 150 juta. Beberapa di antara mereka dikabarkan sudah veteran dalam tindak kriminal penipuan. Pihak polres pun akhirnya melacak tersangka sampai ke Jakarta, Cianjur, Kendari, dan Makassar. Dari pelacakan itu, mereka bisa menggiring empat orang yang berkoordin­asi lewat ponsel. Hasilnya ternyata positif dan semua tersangka berhasil dicokok.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia