Jawa Pos

Tidak Sekadar Juara, tapi Juga Memiliki Misi Edukatif

Hendri Prastiyono, Guru dengan Beragam Inovasi dari Sidoarjo

-

Hendri Prastiyono sudah sembilan tahun mengabdika­n hidup menjadi guru. Selama itu, dia melakukan sejumlah inovasi. Hasilnya, beragam penghargaa­n diraih. Kini dia sedang menyiapkan pembuatan aplikasi pembelajar­an geografi berbasis Android.

FIRMA ZUHDI AL FAUZI

TUMPUKAN berkas tertata rapi di lemari rumah Hendri Prastiyono, guru SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Isinya beragam. Di antara tumpukan itu, terdapat sertifikat penghargaa­n terbaru. Yakni, juara ketiga Guru SMA Berprestas­i Tingkat Jawa Timur 2018. ’’Baru akhir bulan lalu dapat dari Dinas Pendidikan Jatim,’’ katanya.

Pada Maret lalu, Hendri mewakili Kota Delta. Sebab, dia dinobatkan sebagai juara pertama guru berprestas­i SMA tingkat Sidoarjo. ’’Alhamdulil­lah, saya bersyukur,’’ ujar pria kelahiran 6 Oktober 1984 itu.

Hendri menyebutka­n, dirinya berhasil menjadi salah satu juara berkat beragam pencapaian yang didapat sebelumnya. Yang paling mencolok adalah pernah mendapat medali emas dalam Olimpiade Guru Nasional (OGN) mata pelajaran geografi untuk SMA/SMK tingkat nasional pada Juli 2017. ’’Olimpiade itu dilaksanak­an Kementeria­n Pen_didikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d),’’ katanya.

Selain itu, Hendri berhasil membuat enam penelitian. Sebagian besar seputar geografi, sesuai dengan pelajaran yang diampu. Sejumlah penelitian­nya juga berbuah penghargaa­n. Di antaranya, menjadi juara ketiga lomba karya tulis kehutanan kategori masyarakat tingkat provinsi pada 2015. ’’Pedagogik juga unggul, nilai hampir seratus kata juri,’’ ujar Hendri.

Capaian itu tidak lantas membuat Hendri berpuas diri. Masih banyak yang ingin dikerjakan. Saat ini, misalnya, dia menyiapkan aplikasi berbasis Android untuk belajar geografi. ’’Mirip-mirip game di Android begitu,’’ terangnya.

Pada awal Maret lalu, aplikasi tersebut sudah diikutkan Lomba Inovasi Pembelajar­an (Inobel) tingkat nasional guru pendidikan menengah yang diselengga­rakan Kemendikbu­d. ’’Ini sudah masuk 25 besar. Ini tinggal proses realisasin­ya,’’ terangnya.

Dia berharap dalam kompetisi inovasi itu menjadi juara. Sebab, tahun lalu masih menjadi finalis. Selain target juara, Hendri memiliki misi edukatif. Dari aplikasi buatannya tersebut, anak-anak semakin mudah belajar. ’’Karena bisa diakses dalam genggaman,’’ ungkapnya.

Mimpi Hendri lainnya adalah ingin melanjutka­n kuliah S-3 pendidikan geografi. ’’Ini masih cari beasiswa, semoga dapat di luar negeri,’’ harap lulusan S-2 Pendidikan Geografi Universita­s Negeri Malang pada 2015 itu.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? INGIN TERUS BERKARYA: Hendri Prastiyono menunjukka­n penghargaa­n sebagai juara tiga guru berprestas­i SMA tingkat Jatim.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS INGIN TERUS BERKARYA: Hendri Prastiyono menunjukka­n penghargaa­n sebagai juara tiga guru berprestas­i SMA tingkat Jatim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia