Jawa Pos

Ancam Gugat SK Pelantikan

-

BUKAN hanya Desa Klantingsa­ri, Tarik, yang bermasalah. Suhu di dua desa lain juga tengah memanas menjelang pelantikan kepala desa (Kades). Yakni, di Desa Sidokepung, Buduran; dan Desa Trosobo, Taman.

Di Desa Sidokepung, Samsul Hadi, salah seorang calon Kades yang gagal maju, bersiap melawan. Jika pengukuhan tetap berjalan pada 9 Mei, Samsul akan menggugat SK pelantikan tersebut. Kepastian itu disampaika­n M. Sholeh, kuasa hukum Samsul Hadi, kemarin (7/5). Menurut dia, pelantikan Kades harus ditunda. Sebab, hingga saat ini masih ada persoalan hukum. Terutama di Desa Sidokepung.

Pilkades di Sidokepung sempat memanas. Penyebabny­a, Samsul gagal bertarung dalam pilkades. Oleh panitia, dia dinyatakan tidak lulus seleksi. Keputusan itu tidak bisa diterima Samsul. Sebab, panitia desa tidak bersedia membuka nilai hasil tes. Hal tersebut membuatnya melayangka­n gugatan ke PTUN. Hasilnya, PTUN membuat ketetapan agar pilkades Sidokepung ditunda. Sayangnya, aturan itu tidak diindahkan.

Sholeh menjelaska­n, pelantikan Kades yang bakal berlangsun­g pada 9 Mei seharusnya ditunda. Sebab, persoalan di Desa Sidokepung belum selesai. Saat ini perkara tersebut belum disidangka­n. Menurut dia, jika pelantikan tetap dilakukan, Kades yang dilantik cacat hukum. ”Kami akan gugat SK pelantikan­nya,” tuturnya.

Bukan hanya di Sidokepung, pilkades di Desa Trosobo juga bermasalah. Supriyadi, salah satu calon, melayangka­n gugatan ke PTUN. Dia menganggap lawannya mengerahka­n massa untuk menghalang­i pendukungn­ya mencoblos.

Kabid Pemerintah­an Desa Dinas Pemberdaya­an Masyarakat Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana (PMD P3A KB) Sidoarjo Probo Agus Sunarno menyatakan, pemkab siap menghadapi gugatan. ”Itu hak mereka,” ujarnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MASIH BERMASALAH: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (tiga dari kiri) menemui perwakilan warga Desa Klantingsa­ri yang menuntut penundaan pelantikan kepala desa pada 9 Mei.
BOY SLAMET/JAWA POS MASIH BERMASALAH: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (tiga dari kiri) menemui perwakilan warga Desa Klantingsa­ri yang menuntut penundaan pelantikan kepala desa pada 9 Mei.
 ??  ?? Desa Sidokepung, Buduran: Salah seorang calon yang gagal maju, Samsul Hadi, mengajukan gugatan ke PTUN. Dalam gugatannya, calon tersebut meminta panitia membuka seluruh nilai ujian.
Dalam waktu dekat, perkara disidangka­n.
Desa Sidokepung, Buduran: Salah seorang calon yang gagal maju, Samsul Hadi, mengajukan gugatan ke PTUN. Dalam gugatannya, calon tersebut meminta panitia membuka seluruh nilai ujian. Dalam waktu dekat, perkara disidangka­n.
 ??  ?? Desa Trosobo, Taman: Salah seorang calon, Supriyadi, tidak puas RS^VN^ WNcX[ `X[ZNRScͶ Menurut dia, lawan mengerahka­n massa untuk menghalang­i pendukungn­ya mencoblos.
Dia mengajukan gugatan ke PTUN.
Desa Trosobo, Taman: Salah seorang calon, Supriyadi, tidak puas RS^VN^ WNcX[ `X[ZNRScͶ Menurut dia, lawan mengerahka­n massa untuk menghalang­i pendukungn­ya mencoblos. Dia mengajukan gugatan ke PTUN.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia