Jawa Pos

Rotasi Berbuah Kalah

Persija Dipermaluk­an Madura United

-

JAKARTA – Persija Jakarta menjadi satu-satunya tim tuan rumah yang kalah pada pekan kedelapan Liga 1 kemarin (12/5). Klub berjulul Macan Kamayoran itu dipermaluk­an Madura United 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta (selengkapn­ya lihat hasil dan klasemen).

Persija mengawali laga dengan komposisi pemain yang tidak biasanya. Pelatih Stefano Cugurra Teco menyimpan beberapa pemain pilar di bangku cadangan. Sebut saja penyerang Marko Simic, bek Maman Abdurahman, serta duo gelandang serang Riko Simanjunta­k dan Ramdani Lestaluhu. Selain itu, gelandang Rohit Chand dan Sandy Sute juga tidak ada di daftar pemain.

Hal itu, tampaknya, bagian dari strategi Persija yang akan meladeni Home United (Singapura) pada leg kedua semifinal Piala AFC zona Asia Tenggara di SUGBK pada 15 Mei. Persija hanya butuh menang 1-0 untuk lolos ke final. Sebab, pada leg pertama di kandang Home United, Persija kalah 2-3.

Sementara itu, tiga tuan rumah lainnya berhasil mengamanka­n poin penuh. Persib Bandung mengalahka­n Persipura Jayapura 2-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kemenjanga­n ini melanjutka­n rekor Persib yang tidak pernah kalah melawan Persipura dalam lima laga terakhir.

Ezechiel N’Douassel membuka kemenangan Maung Bandung lewat eksekusi penalti pada menit ke-28. Penalti diberikan kepada Persib setelah striker asal Chad itu dilanggar bek Persipura Yohanis Tjoe di kotak terlarang. Selain mencetak gol, N’Douassel juga memberi assist atas gol Jonathan Bauman pada menit ke-53.

“Kami sangat senang bisa memenangka­n pertanding­an berat ini. Hari ini kami nikmati kemenangan karena besok kami harus memikirkan lawan yang tangguh,” ungkap pelatih Persib Mario Gomes.

Setelah ini Persib akan menantang Persebaya Surabaya pada 19 Mei. Persib kehilangan Bauman yang terkena akumulasi kartu. Namun, hal ini sudah diantisipa­si oleh Gomez. “Kehilangan salah satu penyerang memang merugikan, tapi kami masih punya penggantin­ya. Saya akan cari jalan yang terbaik,” kata pelatih asal Argentina itu.

Pelatih Persipura Peter Butler mengapresi­asi kemenangan Persib. “Mereka (Persib) bermain lebih baik. Kami memberi kesempatan kepada pemain muda. Kadang mereka memang membuat kesalahan, tapi tak apa. Seperti inilah membangun tim baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Barito Putra melibas PSIS Semarang 4-1 di Stadion 17 Mei, Banjarmasi­n. Striker lokal Samsul Arif menjadi bintang lewat dua golnya pada menit kesembilan dan 47. Dua gol Barito lainya diciptakan Rizky Pora (90+3’) dan bunuh dari pemain PSIS Petar Planic (53’). Sedangkan gol hiburan PSIS dicetak Ibrahim Conteh.

Sementara itu, di Palembang, Sriwijaya FC memetik tiga angka setelah mengalahka­n Bhayangkar­a FC 2-1.

 ?? DERY RIDWANSYAH/JAWA POS ?? KEOK DI KANDANG: Pemain Persija Jakarta Asri Akbar (dua dari kiri) memprotes wasit Thoriq Alkatiri pada laga melawan Madura United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, kemarin.
DERY RIDWANSYAH/JAWA POS KEOK DI KANDANG: Pemain Persija Jakarta Asri Akbar (dua dari kiri) memprotes wasit Thoriq Alkatiri pada laga melawan Madura United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia