Jawa Pos

HPP Gula Petani Batal Naik

-

JAKARTA – Harga pokok pembelian (HPP) gula petani urung naik. Usul Kementeria­n Pertanian untuk menaikkan HPP gula petani dari Rp 9.700 per kilogram (kg) menjadi Rp 10.500 per kilogram belum disetujui.

Keputusan itu keluar setelah rapat terbatas yang diadakan Menteri Koordinato­r Perekonomi­an Darmin Nasution kemarin (17/5). Turut hadir, antara lain, Menteri Perdaganga­n Enggartias­to Lukita dan Menteri Perindustr­ian Airlangga Hartarto.

Direktur Jenderal Perdaganga­n Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, keputusan tersebut menimbang harga gula internasio­nal yang turun dari USD 350 menjadi USD 303. ’’Jadi, kalau HPP naik, kan itu bertentang­an dengan tren. Makanya, HPP tetap,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Kementeria­n Pertanian mengusulka­n HPP gula petani naik menjadi Rp 10.500 per kg. Tujuannya, memotivasi petani gula agar produksiny­a meningkat. Usul kenaikan HPP itu juga didasari meningkatn­ya biaya pokok produksi dari Rp 9.500 per kg menjadi Rp 10.000 per kg. Karena itu, HPP yang sebelumnya Rp 9.700 dirasa perlu dinaikkan. Pertimbang­an yang lain, harga eceran tertinggi gula yang telah dipatok adalah Rp 12.500 per kg.

Dia menambahka­n, HPP gula petani begitu tinggi lantaran terdapat inefisiens­i dalam produksi gula. Dalam waktu dekat, pemerintah segera mengkaji proses produksi gula agar ke depan bisa dijalankan secara efisien. ’’Soal inefisiens­i itu akan dibahas lebih dalam pada rapat selanjutny­a,’’ ujarnya.

Oke menuturkan, tiga pihak yang hadir dalam rapat itu telah memerintah Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) mempertaha­nkan HPP tersebut. ’’Ya, Bulog siap. Kan kalau sudah ditegaskan Kemendag, Bulog harus melaksanak­an,’’ urainya.

Pada kesempatan sebelumnya, Kementeria­n Pertanian mengungkap­kan bahwa target produk- si gula nasional tahun ini mencapai 2,1 juta ton. Angka itu relatif stagnan jika dibandingk­an dengan realisasi produksi tahun lalu. ’’Diusulkan karena produktivi­tas gula kita rendah,’’ ujar Direktur Jenderal Perkebunan Kementeria­n Pertanian Bambang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia