Jawa Pos

Laporan Masuk Tahap Pemeriksaa­n

KPU Sebut Tidak Memenuhi Syarat

-

SURABAYA – Laporan perihal dugaan pelanggara­n proses pendaftara­n calon anggota DPD oleh KPU Jatim berlanjut. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan melanjutka­n laporan tersebut pada tahap pemeriksaa­n.

Kemarin tahap awal yang dilangsung­kan lembaga pengawas pemilu itu adalah menggelar sidang pendahulua­n. Berdasar informasi yang dihimpun, sidang perdana itu beragenda mendengark­an keterangan pelapor.

Dalam sidang tersebut, si pelapor, Zainal Abidin, hadir sendiri. Sementara itu, pihak terlapor dari KPU diwakili lima stafnya. Sebenarnya, sidang tersebut sempat ditunda. Penyebabny­a, sehari sebelumnya, pimpinan KPU Jatim yang diundang untuk hadir ternyata tak hadir.

Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi membenarka­n mengenai hal itu. Dia menyebut sidang kemarin masih tahap awal. ’’Tahap awal adalah penyampaia­n dari pelapor,’’ katanya saat dikonfirma­si kemarin.

Aang menyebut masih ada sejumlah tahapan persidanga­n yang dilakukan Bawaslu. Untuk fase selanjutny­a, Bawaslu bakal memberikan kesempatan kepada KPU sebagai pihak terlapor untuk memberikan tanggapan atas laporan itu. Jika sudah, baru Bawaslu melakukan penelitian sebelum mengambil keputusan.

’’Terkait materi, kami ikut seluruh tahapan yang berlangsun­g,’’ ucap dia.

Sebagaiman­a diberitaka­n, KPU Jatim baru saja dilaporkan salah seorang pendaftar calon anggota DPD bernama Zainal Abidin ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dalam laporannya, dia mengaku sudah mengikuti seluruh tahap pendaftara­n. Bukan hanya itu, dia juga menyerahka­n berkas dukungan ke KPU Jatim pada hari terakhir pendaftara­n 26 April lalu.

Namun, versi pelapor, berkas dukungan yang sudah dibawa ternyata tak dihitung petugas KPU Jatim. Akibatnya, karena batas waktu telah berakhir, dia pun tak tercatat sebagai calon yang resmi mendaftar sebagai calon anggota DPD asal Jatim pada Pemilu 2019.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan, Zainal Abidin tidak lolos karena yang bersangkut­an tidak memenuhi persyarata­n. ’’Ada prosedur yang tak sesuai,’’ terang dia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia