Jawa Pos

Ngabuburit, Olahraga Saja

-

SURABAYA – Olah tubuh bisa dijadikan alternatif kegiatan positif saat ngabuburit. Misalnya, sekumpulan remaja menghabisk­an sore dengan main basket di atrium Pakuwon Mall kemarin (17/5).

Raditya Wijaya Putra, 17, men-dribble bola di atas lapangan yang dibuat semiperman­en. Dia bersama lima kawannya iseng mampir setelah nonton dan jalan-jalan di mal. ”Unik aja ada lapangan kok di atrium mal. Coba main, ternyata seru juga,” kata siswa kelas XII SMA itu.

Dia bermain three-on-three, pertanding­an yang hanya dilakukan di setengah area lapangan bola basket. Dengan perolehan skor yang mereka hitung sendiri, permainan tersebut menjadi ajang sosialisas­i para pengunjung mal. Siapa yang berminat boleh gabung. Main dulu baru kenalan.

Saat puasa, olahraga sore memang lebih disarankan. Tujuannya, tubuh tidak terlalu lama dehidrasi. Menurut Manager Personal Trainer Celebrity Fitness Adi Kurniawan, olahraga sore saat puasa bisa memaksimal­kan pembakaran lemak. Sebab, tubuh akan menggunaka­n lemak sebagai sumber energi. ”Sebelum buka, boleh melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat atau bersepeda,” ucapnya.

Selain itu, Adi menambahka­n bahwa olahraga boleh dilakukan saat pagi. Asalkan intensitas latihannya lebih rendah. Sebaiknya, hindari olahraga pagi yang bersifat kardiovask­uler karena memicu keringat yang sangat banyak. ”Kalau orang suka lari misalnya. Bisa sedikit diturunkan, baik kecepatan maupun waktunya,” lanjut laki-laki 39 tahun itu.

Saat puasa, tubuh biasanya kekurangan sumber makanan untuk diubah menjadi energi. Makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi segera saat berbuka adalah buah-buahan dan sayur.

 ?? GUSLAN GUMMILANG/JAWA POS ?? OLAHRAGA TIPIS-TIPIS: Sekelompok remaja bermain basket di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya.
GUSLAN GUMMILANG/JAWA POS OLAHRAGA TIPIS-TIPIS: Sekelompok remaja bermain basket di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia